+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Membeli dan membuat kaos yang bagus secara desain belumlah cukup. Anda juga harus tahu bahan kaos yang digunakan. Dengan begitu, kaos yang Anda pilih akan semakin nyaman untuk dipakai. Jadi bukan hanya mementingkan desain kaos yang bagus dan keren, tetapi bahan yang digunakan juga perlu diperhatikan.

Bahan kaos sangatlah banyak dan beragam dipasaran. Bahkan mulai dari yang tipis dan panas sampai yang lembut dan adem saat dipakai. Harga dari masing-masing bahan pun juga beragam tergantung budget Anda saat ingin membeli atau membuat kaos yang Anda inginkan.

Pemilihan jenis kaos tentu sangat penting untuk kebutuhan kaos Anda. Ada banyak jenis bahan kaos, akan tetapi tidak semua cocok dipilih untuk bahan kaos distro. Jadi, Anda harus tahu betul bahan apa yang harus dihindari dan bisa memilihnya dengan selektif. Namun sebelumnya Anda juga harus tahu sekilas tentang sablon agar lebih memahami kenapa hasil sablon bisa berbeda-beda meski sudah memilih bahan kaos dengan kualitas terbaik.

Kaos memang menjadi outfit anak muda yang sangat populer di masa sekarang, mulai kaos polos saja sampai dengan sablon yang sangat variatif. Harus sangat hati-hati dalam memilih bahan, warna, jahitan, dan sablon kaos. Karena jika salah sedikit akan sangat menyesal setelah membeli atau membuat kaosnya.

Nah, di artikel ini kami akan membagikan 5 bahan kaos yang bagus beserta kelebihan dan kekurangannya. Mau tahu apa saja bahan kaos yang bagus dan tidak panas saat digunakan? Yuk, baca lebih lanjut!

 

Baca Juga : 4 Cara Mudah Memilih Sablon Kaos Yang Bagus

 

Jenis Bahan Kaos Yang Bagus

Ada lima bahan kaos yang bagus dan tidak panas agar semakin nyaman untuk digunakan, yaitu:

 

1. Cotton Bamboo

Bahan Kaos Cotton Bamboo
sumber : kumparan.live

 

Bahan kaos yang bagus dan tidak panas adalah Cotton Bamboo. Cotton Bamboo merupakan kain yang terbuat dari perpaduan antara 30% serat katun dan 70% serat bambu. Memiliki gramasi sekitar 150-160 gsm. Bahan cotton bamboo yang ada dipasaran memiliki ketebalan 30s. Ciri dan tekstur kain cotton bamboo sangat halus, lembut, adem, lemes, dan tidak gampang menyusut.

Biasanya kain cotton bamboo digunakan sebagai bahan dasar pakaian bayi. Karena cotton bamboo ini memiliki kelebihan anti bakteri dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk rekomendasi penggunaan kain ini cocok untuk kaos premium, kaos event, kaos seragam perusahaan, kaos kelas, kaos distro, kaos komunitas, kaos anak.

Kelebihan Cotton Bamboo:

  1. Tekstur kainnya sangat halus.
  2. Tidak gampang menyusut.
  3. Mampu menyerap keringat dengan baik.
  4. Ketika cotton bamboo dipegang tidak kaku.
  5. Tidak menyebabkan iritasi pada kulit.
  6. Memiliki kelebihan khusus yaitu anti bakteri.
  7. Sangat adem ketika digunakan.
  8. Cocok untuk kulit yang sensitif.

Kekurangan Cotton Bamboo:

  1. Harga kain relatif mahal.
  2. Warna dari cotton bamboo sangat sedikit.
  3. Kainnya sedikit lebih tipis dari cotton combed 30s.
Baca Juga :   Ciri Dan Karakteristik Bahan Hisofy Drill

 

Baca Juga : Perbedaan Cotton Bamboo dan Cotton Combed

 

2. Cotton Combed

Bahan Kaos Cotton Combed
sumber : kumparan.live

 

Yang kedua adalah cotton combed. Cotton combed merupakan bahan yang paling populer dan sering digunakan pada kaos. Cotton combed terbuat dari bahan dasar 100% serat cotton yang diproses dengan cara penyisiran atau combing terlebih dahulu sebelum ditenun menjadi benang. Memiliki tekstur kain yang halus, nyaman, mudah menyerap keringat, tidak berbulu dan tidak panas saat digunakan.

Ketebalan kain cotton combed ada 3 jenis, yang pertama 20s, 24s, 30s. Masing-masing mempunyai ketebalan tersendiri. Untuk yang paling tebal adalah 20s, dan yang paling tipis 30s. Gramasi ketebalan 20s sekitar 180-220 gsm, 30s mempunyai gramasi sekitar 150-160 gsm.

Kami rekomendasikan kalau ingin membuat kaos bisa menggunakan yang 30s. Cotton combed 30s cocok digunakan di daerah yang panas karena bahannya yang sangat menyerap keringat. Kalau 20s cocok untuk daerah yang dingin seperti dataran tinggi karena kainnya tebal dan hangat. Penggunaan kain ini biasa untuk kaos event, kaos perusahaan, kaos kelas, kaos distro, kaos komunitas.

Kelebihan Cotton Combed:

  1. Ketika digunakan bahan ini sangat menyerap keringat.
  2. Memiliki tekstur kain yang halus, lembut, dan tidak panas.
  3. Kainnya tidak kaku.
  4. Tidak cepat rusak.
  5. Meskipun ada 3 jenis ketebalan, kain ini tetap ringan.
  6. Pilihan warna lebih banyak.
  7. Harga lebih murah dari cotton bamboo.

Kekurangan Cotton Combed:

  1. Rentan terhadap jamur ketika disimpan di tempat yang lembab.
  2. Tidak memiliki sifat anti bakteri.
  3. Kain akan cepat rusak jika salah perawatan.

 

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Kaos Cotton Combed

 

3. Cotton Modal

Bahan Cotton Modal
sumber : indonesian.alibaba.com

 

Cotton Modal merupakan kain yang terbuat dari campuran 50% serat katun dan 50% serat kayu. Bahan ini sangat jarang digunakan karena harganya yang lebih mahal daripada cotton bamboo. Meskipun harganya mahal, tetapi bahan ini memliki keunggulan yang banyak. Biasanya cotton modal digunakan untuk bahan kaos premium.

Ciri dan tekstur kainnya hampir sama seperti cotton bamboo yaitu halus, lembut, adem, tidak mudah menyusut, lemes dan menyerap keringat. Bahan dari jenis kain ini mempunyai gramasi 150-160 gsm atau ketebalannya seperti 30s. Kami rekomendasikan bahan ini digunakan untuk kaos premium, kaos perusahaan, kaos anak, kaos kelas, kaos komunitas, kaos distro.

Kelebihan Cotton Modal:

  1. Kelembutan kainnya lebih lembut dari cotton bamboo.
  2. Memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur.
  3. Mampu menyerap keringat dengan baik.
  4. Kainnya sangat adem ketika digunakan.
  5. Tidak mudah menyusut.
  6. Cocok untuk kulit yang sensitif.
  7. Tidak menyebabkan iritasi pada kulit.
  8. Ketika dipegang kainnya tidak kaku.

Kekurangan Cotton Modal:

  1. Harga kain lebih mahal dari cotton bamboo.
  2. Pilihan warna dari cotton modal sangat sedikit.

 

Baca Juga : Jenis Jenis Bahan Kaos Sablon Yang Sering Digunakan

 

4. Cotton Carded

Bahan Kaos Cotton Carded
sumber wfikain.com

 

Bahan kaos yang keempat adalah Cotton Carded. Cotton Carded adalah kain yang terbuat bahan dasar 100% serat cotton. Pembuatan cotton carded melalui proses carding atau digaruk menggunakan mesin yang khusus. Ciri dan tekstur kain cotton carded cenderung lebih kasar, lebih berbulu, dan memiliki bintik-bintik putih. Untuk kualitas cotton carded ini dibawah dari cotton combed dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga :   Ternyata Beginilah Proses Produksi Pakaian Berkualitas!

Untuk ketebalan dari kain cotton carded memiliki 3 jenis, 20s, 24s, 30s. Masing-masing memiliki gramasi yang hampir mirip seperti cotton combed. Kami rekomendasikan kain ini untuk digunakan pada kaos kelas, kaos komunitas, kaos event, kaos promosi, kaos partai.

Kelebihan Cotton Carded:

  1. Harga relatif lebih murah.
  2. Mampu menyerap keringat dengan baik.
  3. Adem saat digunakan pada kondisi cuaca panas.
  4. Terbuat dari 100% cotton.

Kekurangan Cotton Carded:

  1. Permukaan kain sedikit lebih kasar.
  2. Tesktur kain kurang rata.
  3. Bahannya sedikit lebih kaku dari cotton combed.
  4. Kualitas serat kurang rapat.

 

5. Viscose Cotton

Bahan Viscose Cotton
sumber : fibre2fashion.com

 

Bahan kaos yang bagus terakhir adalah viscose cotton. Viscose Cotton merupakan bahan yang terbuat dari pulp atau bubur kayu pohon seperti pinus, kayu putih. Dalam proses pembuatannya termasuk semi-sintetik karena banyak bahan kimia yang tercampur. Biasanya kain viscose cotton sering digunakan sebagai pengganti kain sutra.

Kain viscose cotton ini memiliki harga yang jauh lebih murah. Namun kualitasnya tidak bisa dianggap remeh. Ciri dan tekstur kainnya halus, lembut, tidak elastis, ringan, dan mudah menyerap keringat. Kemampuan khusus dari viscose cotton adalah kainnya tidak cepat pudar. Kami rekomendasikan penggunaan kain ini pada kaos event, kaos promosi, kaos seragam perusahaan, kaos kelas, kaos olahraga.

Kelebihan Viscose Cotton:

  1. Menyerap keringat dengan baik sehingga cocok untuk kaos olahraga.
  2. Ketika digunakan bahan ini sangat ringan.
  3. Permukaan kainnya lembut, halus.
  4. Sangat adem ketika digunakan.
  5. Warna kainnya tidak cepat pudar.
  6. Harga relatif murah.

Kekurangan Viscose Cotton:

  1. Tidak ramah lingkungan.
  2. Kainnya mudah menyusut.
  3. Mudah terkena noda.
  4. Kainnya tidak terlalu tebal.

 

Demikian itu tadi adalah 5 bahan kaos yang bagus dan tidak panas. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin membuat atau membeli kaos. Memang tidak mudah mempertimbangkan ke 5 bahan kaos tersebut, karena memang bahannya bagus-bagus. Namun yang harus diperhatikan adalah setiap harga dari bahan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan budget. Dengan begitu Anda dapat kaos yang nyaman dan tidak keluar banyak uang.

Bagi Anda yang ingin membuat kaos yang berkualitas, kami bisa membantu Anda. Lunar Garment adalah salah satu konveksi kaos yang sudah berpengalaman dalam membuat kaos. Sudah berdiri sejak 2011 dan sudah memproduksi ribuan kaos dalam setahun. Untuk Anda yang ingin memesan kaos dengan sendiri bisa langsung hubungi kontak WA kami 0895-8008-60000.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About the author

3 Responses
Whatsapp Kami
error: Content is protected !!