Apa itu Bahan Taslan? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Anda sedang mencari bahan jaket yang tahan air dan cepat kering? Kami ada bahan taslan sebagai rekomendasi. Bahan taslan memiliki ciri-ciri kain yang sangat khas dan bahkan sangat mudah ditebak.

Dengan teknologi modern, kain taslan ditenun dengan serat polyester yang memiliki kerapatan serat yang tinggi, sehingga air tidak dapat masuk dengan mudah lewat celah dari serat kain.

Biasanya bahan taslan digunakan sebagai jaket anti air, jaket gunung, jaket bomber, jaket olahraga, jaket coach. Sering digunakan karena kain taslan ini termasuk kain yang cepat kering, ringan, anti air, mampu menghalau angin dan harganya terjangkau.

Taslan adalah opsi kain yang tepat untuk Anda yang ingin membuat jaket. Maka dari itu kami akan bahas secara lengkap penjelasan, jenis bahan taslan, kelebihan dan kekurangan kain taslan. Simak dibawah ini.

 

Pengertian Bahan Taslan

bahan taslan adalah
sumber : olorun-sports.com

 

Apa itu Bahan Taslan? Taslan adalah bahan yang terbuat dari jalinan serat polyester yang dibuat dengan kerapatan serat yang tinggi. Proses pembuatannya dirancang dengan teknologi mesin yang canggih yang membuat kain ini tergolong dalam kain modern.

Jalinan serat polyester yang kuat dan rapat membuat kain taslan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Walaupun terbuat dari serat polyester, kain taslan memiliki kemampuan untuk menghilangkan keringat dengan cepat, sehingga sering digunakan untuk membuat pakaian olahraga.

Oleh karena itu tak jarang jika taslan sering dijadikan bahan dasar pembuatan jaket olahraga, karena kainnya tidak membuat tubuh kita berkeringat atau bau badan. Dengan kerapatan serat yang tinggi, kain ini dapat menahan air dengan baik. Jadi dengan kata lain bahan ini termasuk kain anti air.

Kerapatan serat tersebut dapat membuat air tersebut tidak akan terserap ke dalam serat kain. Karena kain ini tidak memiliki pori-pori kain seperti bahan kain yang lain sehingga air akan tergelincir jika menyentuh permukaan kain.

 

Baca Juga : Perbedaan Goretex dan Taslan, Apa Bedanya?

 

Baca Juga :   Hasil Produksi Dan Desain Jaket Taslan Politeknik Pelayaran Surabaya

Ciri dan Karakteristik Bahan Taslan

Kain Taslan
sumber : lunartextile.com

 

Taslan memiliki ciri dan karakteristik yang unik dan berbeda dengan kain yang lain. Ciri dan karakteristik dari bahan ini adalah kainnya yang sedikit kaku, halus, mengkilap, dan berisik saat digesekkan. Dengan ciri dan karakteristik tadi kamu bisa langsung tahu kalau itu taslan.

Pada permukaan kain bagian dalam terdapat lapisan coating yang dapat membantu menahan air supaya tidak masuk kedalam dan membasahi tubuh. Lapisan coating ini terbuat dari polyester juga. Untuk ketebalan dan warna coating tergantung dari jenis taslan. Karena ada yang lapisan coatingnya tebal dengan warna putih, ada yang tipis berwarna putih susu.

Karakteristik secara lengkapnya seperti ini :

  1. Permukaan kainnya mengkilap dan agak berisik jika digesek-gesek.
  2. Memiliki lapisan anti air berwarna putih yang bernama coating pada permukaan bagian dalam kain.
  3. Ciri dari kainnya cukup kaku dan tidak mudah kusut.
  4. Tidak mudah menyerap air.
  5. Kainnya tahan air dan angin.

 

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Taslan

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Taslan
sumber : konveksi.co

 

Tentunya setiap bahan kain pasti ada kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan saat ingin membeli kain taslan ini. Kami akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat mempermudah kamu dalam memutuskan mau pakai bahan apa untuk jaket kamu. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan bahan taslan:

 

Kelebihan Bahan Taslan

  1. Mempunyai permukaan kain yang lembut dan halus.
  2. Tidak panas saat digunakan.
  3. Memiliki kelebihan kain anti air dan anti jamur.
  4. Ketika kena air atau setelah dicuci, kain taslan cepat kering.
  5. Meskipun ketebalannya lumayan, tapi kain ini tetap ringan.
  6. Cocok menjadi bahan jaket yang kekinian.
  7. Harga relatif murah.
  8. Mudah dibersihkan.
  9. Tidak mudah kusut saat digunakan.

Kekurangan Bahan Taslan

  1. Kainnya mengkilap.
  2. Tekstur kainnya sedikit kaku (Taslan milky, Taslan bening).
  3. Tidak 100% tahan air untuk beberapa jenis taslan.
  4. Berisik ketika bergesekkan.

 

Baca Juga : Konveksi Jaket Surabaya Termurah

 

Jenis-Jenis Kain Taslan

Taslan memiliki 3 jenis kain yang berbeda-beda. Ketiga jenis itu adalah taslan balon, taslan milky, taslan bening. Ketiga jenis kain itu mempunyai ciri khas masing-masing yang dapat dibedakan satu sama lain oleh mata awam. Dibawah ini adalah penjelasan lengkap dari ketiga jenis taslan ini:

Baca Juga :   Perbedaan Bahan Spandek dan Babyterry

 

1. Taslan Balon

Taslan Balon
sumber : lunartextile.com

 

Taslan Balon adalah kain yang dibuat dengan bahan dasar polyester yang memakai nanoteknologi yang canggih. Memiliki kerapatan serat yang tinggi sehingga mampu menahan air dengan baik.

Ciri dan tekstur kain bagian luar lembut, halus, tidak kaku, tidak panas, dan tidak mengkilap seperti jenis taslan yang lainnya. Pada bagian dalam terdapat coating atau lapisan anti air yang tebal berwarna putih yang mampu menahan air. Taslan balon merupakan kain taslan yang paling bagus dan cocok untuk bahan jaket anti air.

 

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Taslan Balon

 

2. Taslan Milky

Taslan Milky
sumber : lunartextile.com

 

Kain taslan milky merupakan bahan yang terbuat dari serat polyester. Taslan milky memiliki kelebihan yaitu anti air dan anti jamur. Karateristik dari kain ini adalah kainnya yang sedikit kaku, permukaannya agak kasar, mengkilap serta berisik saat digesekkan. Yang sering beredar dipasaran adalah kain taslan milky, karena harganya yang relatif murah dan kualitasnya yang cukup untuk bahan jaket berkualitas.

Permukaan kain bagian dalam memiliki lapisan coating yang berbeda dengan taslan balon. Coating yang berada di taslan milky ini berwarna putih susu dan tidak setebal pada taslan balon. Ketebalan kain ini bisa dibilang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis juga alias standard dan cocok buat bahan jaket bomber, coach, harrington, jaket almamater.

 

3. Taslan Bening

 

Taslan Bening
sumber : wevatextile.com

 

Bentuk kain dan karakteristik kain ini hampir sama dengan taslan milky. Bahan dasar dari kainnya juga polyester. Yang membuat beda hanya pada ketebalan kainnya yang lebih tipis, dan harganya juga lebih murah. Lapisan coatingnya berwarna putih bening sehingga warna asli dari kain terlihat. Jenis taslan ini cocok digunakan untuk jaket olahraga yang membutuhkan bahan jaket ringan.

 

Tadi adalah penjelasan lengkap dari kain taslan. Semoga setelah membaca artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih bahan jaket yang ingin kamu pakai. Ketika ingin membuat jaket, jangan sampai salah pilih bahan ya teman-teman. Sesuaikan dengan budget dan kenyamanan saat digunakan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam sobat lunar 😀

 

Baca Juga : Rekomendasi Bahan Jaket Varsity Yang Bagus dan Adem

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

1 thought on “Apa itu Bahan Taslan? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!”

  1. Pingback: Kelebihan dan Kekurangan Bahan Taslan Balon - Lunar Garment

Comments are closed.

Whatsapp Kami
Scroll to Top