+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Seiring perkembangan jaman, sablon berkembang dengan pesat. Mulai dari awalnya sablon manual dengan cetak saring diatas kaos menggunakan tinta sablon. Beberapa tahun ini sablon juga dapat inovasi terbaru yaitu sablon digital yang sudah tidak menggunakan cetak saring menggunakan tinta lagi, salah satunya adalah sablon DTG.

Kehadiran sablon DTG ini pun mengubah paradigma printing di Indonesia, yang sebelumnya hanya printing di atas kertas sekarang printing di atas kain seperti bahan kaos. Teknik sablon DTG merupakan salah satu perkembangan dari sablon digital yang sekarang banyak dipakai di industri garment. Karena kualitasnya yang katanya jauh daripada sablon manual.

Ingin tahu lebih lengkap tentang sablon DTG? kami akan memberikan penjelasan lengkapnya termasuk juga kelebihan dan kekurangan sablon DTG dibawah ini ya.

 

Pengertian Sablon DTG

Apa itu Sablon DTG?
sumber : tokopedia.com

 

Apa itu Sablon DTG? Sablon DTG adalah salah satu teknik menyablon atau mencetak gambar dari komputer tanpa menggunakan alat bantu seperti cetak saring atau film. Metode pemindahan tintanya menggunakan mesin printing yang membuat tinta langsung ke kain lebih mudah dan cepat melalui proses treatment lalu diakhir dengan proses press dengan panas yang tinggi untuk membuat tinta semakin melekat di kain.

Tinta dari sablon ini tidak akan mudah luntur atau rusak karena memakai tinta khusus garment. Hasil sablon dari DTG ini mempunyai hasil gambar yang lebih terang dan halus serta jauh lebih bagus daripada sablon manual. Ketahanan hasil gambar dari DTG ini juga bisa dibilang yang paling terbaik daripada sablon manual biasanya. Dengan adanya sablon DTG ini bertujuan untuk memudahkan proses pemindahan tinta ke kaos dengan menggunakan teknik digital printing menggunakan mesin printing DTG (Direct To Garment).

Baca Juga :   Hasil Produksi dan Desain Setelan Olahraga Setda Sarmi

Saat ini jenis sablon ini semakin maju dan masuk dengan cepat di pasaran Indonesia. Berawal dari printer DTG yang cuman mampu mencetak ukuran A4 saja dan tidak dapat mencetak pada kain warna gelap, hingga kini muncul printer yang mampu mencetak dengan ukuran A3 dan dapat mencetak pada kain warna apapun. Printer DTG kini mampu mencetak di berbagai jenis permukaan kaos dengan kualitas terbaik seperti kaos-kaos distro yang populer sekarang.

 

Kelebihan dan Kekurangan Sablon DTG

Sablon DTG
sumber : sablon-dtf.com

 

Tentunya teknik ini pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan yang akan menjadi pertimbangan untuk menggunakan teknik sablon ini atau tidak. Maka dari itu untuk anda yang ingin mencari pertimbangan sablon terbaik, sablon digital ini bisa jadi salah satu rekomendasi. Simak ulasan dibawah ini.

 

Kelebihan Sablon DTG

  1. Sablon ini bisa printing dengan menggunakan semua warna dan tidak memiliki batasan jumlah warna.
  2. Bisa menggunakan warna gradasi.
  3. Hasil cetak gambarnya sangat bagus, merata, dan tajam.
  4. Pengerjaannya hemat waktu dan biaya.
  5. Proses sablonnya mudah dan tidak ribet.
  6. Tidak perlu menggunakan transfer paper atau kertas khusus yang digunakan dalam proses sablon.
  7. Sablonnya tidak mudah rusak.
  8. Warna sablonnya tidak luntur jika dicuci berkali-kali.
  9. Dapat diaplikasikan ke semua jenis kain katun kaos.

Kekurangan Sablon DTG

  1. Proses cetak sedikit lebih lama pada kaos yang berwarna hitam.
  2. Mesin sablon DTG cepat panas.
  3. Tidak cocok untuk pemesanan dengan jumlah besar.
  4. Kurang cocok untuk bahan kaos selain katun.
  5. Tidak dapat digunakan pada kain dengan serat lebar seperti bahan wool, kanvas, dan drill.
  6. Harga sablonnya relatif mahal dipasaran.
Baca Juga :   Hasil Produksi Dan Desain Kaos Medical Jatim Balinus "Pertamina"

 

Bahan Kaos Yang Cocok Untuk Sablon DTG

Bahan Kaos Sablon DTG
sumber : rocketshirts.net

 

Jenis bahan kaos yang anda pakai juga dapat berpengaruh dalam memberikan hasil cetak yang lebih bagus kalau bahan kaosnya tepat dan cocok untuk jenis sablon ini. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa jenis bahan kaos katun yang bisa anda gunakan untuk sablon DTG, yaitu :

  1. Cotton Combed
  2. Cotton Bamboo
  3. Cotton Modal
  4. Cotton Carded

4 bahan tadi adalah bahan yang di rekomendasikan jika anda ingin menggunakan sablon DTG pada kaos. Karena memang 4 bahan itu terbuat dari bahan katun yang nyaman dan cocok juga menggunakan sablon DTG. Maka dari itu jika ingin menggunakan sablon ini, bisa menggunakan bahan kaos ini untuk hasil sablon yang maksimal dan nyaman digunakan juga.

 

Kesimpulan

Tadi merupakan penjelasan lengkap dari sablon DTG. Untuk anda yang ingin sablon kaos yang hasilnya tajam, halus, dan tidak pecah-pecah bisa langsung coba menggunakan sablon ini sebagai refrensi. Tapi kalau anda mempunyai pemesanan yang banyak menggunakan sablon ini agak kurang cocok dan terkadang orang sablon bilang gabisa karena memang mesin dari sablonnya cepat panas juga. Semoga penjelasan di atas bisa menambah informasi tentang kelebihan dan kekurangan sablon ini.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

 

About the author

Whatsapp Kami
error: Content is protected !!