+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Sedang mencari bahan yang cocok untuk jilbab, baju olahraga, baju renang, dan celana sepeda? Bahan spandek bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Spandex merupakan salah satu bahan yang populer di pasaran khususnya di kalangan wanita, karena dibuat jilbab.

Kain spandek atau spandex adalah bahan kain yang memiliki karakteristik yang elastis, lunak, dan juga lemes. Selain itu, kain ini bisa ditarik layaknya karet. Bahan Spandek juga murah, cocok untuk Anda yang mencari bahan yang murah tapi sangat fungsional.

Untuk pengertian dan penjelasan lengkapnya bisa langsung baca artikel ini sampai habis ya, jangan sampai ketinggalan info penting. Selamat membaca!

 

Pengertian Bahan Spandek

Bahan Spandek Adalah
sumber : shopee.co.id

 

Apa itu Bahan Spandek? Spandek adalah bahan kaos yang terbuat dari bahan dasar polimer sintetis seperti polyester. Bahan ini juga sering dikenal dengan nama lain elastane. Umumnya, elastane ini mempunyai sifat yang elastis dan mempunyai kemampuan untuk meregangkan kain hingga mencapai lima kali dari ukuran aslinya.

Kain spandek pertama kali ditemui pada tahun 1947 oleh Du Pont perusahaan asal Amerika. Saat itu Du Pont memperkenalkan produk baru mereka dengan yang mempunyai nama fiber K. Fiber K adalah serat temuan yang dikembangkan untuk menjadi bahan pengganti karet.

Serat temuan tersebut diberi nama lycra. Sejak saat itu bahan spandek atau lycra ini menjadi bahan yang populer untuk digunakan khususnya pakaian renang, kerudung. Bukan hanya pakaian renang dan kerudung, tetapi juga menjadi fashion yang biasa digunakan oleh masyarakat.

Di jaman sekarang, kain spandek banyak dipakai sebagai pengganti dari bahan karet. Karena bahan dari spandek itu mempunyai nilai dan kualitas yang lebih unggul daripada bahan karet. Alasan inilah yang menjadi penguat kalau kain spandek termasuk rekomendasi kain yang cocok untuk baju olahraga, jilbab dan lainnya.

Hingga saat ini bahan spandek adalah salah satu kain yang paling diminati, karena harganya relatif murah, kuat, tahan lama kainnya, serta elastis. Yang harus diketahui adalah kain spandek tidak dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kain. Untuk jadi spandek atau lycra, harus dicampur dengan serat lainnya seperti katun rayon contohnya.

 

Ciri Ciri dan Karakteristik Bahan Spandek

Ciri Ciri Bahan Kain Spandek
sumber : fitinline.com

 

Bahan spandek seperti apa? Kain spandex ini memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dengan bahan yang lain. Untuk itu kami disini akan berikan ciri-ciri dan karakteristik dari spandek. Berikut ini adalah beberapa ciri spandek yang akan memudahkan Anda dalam memilih kain:

  • Ciri ciri yang pertama adalah kain spandek memiliki permukaan kain yang licin.
  • Ciri yang kedua yaitu kain ini terdapat dua jenis kain spandek. Spandek tebal dan spandek tipis.
  • Memiliki elastisitas yang kuat dan ketat, jadi ketika ditarik sekalipun bahan ini tetap kembali ke wujud semulanya.
  • Kainnya agak panas ketika dipakai di cuaca yang panas. Karena semakin banyak kandungan polyesternya maka kain yang digunakan akan semakin panas dan gerah.
  • Mempunyai tampilan permukaan kain yang sedikit kilap jika dilihat mata.
  • Dapat menyesuaikan tubuh dengan baik.
Baca Juga :   Bahan Jaket Gunung Yang Bagus Dan Tidak Panas

 

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Spandek

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Spandek
sumber : sumbernesia.com

 

Pastinya setiap bahan akan ada kelebihan dan kekurangan yang akan menjadi pertimbangan disaat akan memilih kain yang di inginkan untuk pembuatan keubtuhan garment konsumen. Untuk kali ini kami akan berikan kelebihan dan kekurangan kain spandek, lengkap dengan penjelasannya.

 

Kelebihan Kain Spandek

Kelebihan ini bisa Anda temukan juga pada kain spandek, jadi Anda dapat sesuaikan kebutuhan. Kelebihan yang dimiliki ini juga bisa menjadi pertimbangan ketika ingin membuat kaos, celana legging, atau baju yang lain dengan bahan spandex. Yang pertama adalah kelebihan kain spandek:

  1. Kain spandek memiliki banyak varian di pasaran.
  2. Memiliki daya tahan kain yang lama karena terbuat dari serat sintetis.
  3. Kelenturan kain dapat tahan dan tidak akan melar.
  4. Kainnya tidak mudah kusut.
  5. Jika spandek kain ini ditarik akan kembali ke bentuk semula.
  6. Bahannya lemes dan mudah jatuh ketika digunakan.
  7. Berat kainnya ringan.

 

Kekurangan Kain Spandek

Ketika membeli kain, hal yang harus diperhatikan juga adalah kekurangan dari setiap kain. Kain spandek mempunyai kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan saat ingin memilih kain spandek sebagai pilihan kain. Di artikel ini kami akan memberikan untuk Anda, beberapa kekurangan yang dapat menambah wawasan Anda. Berikut adalah kekurangan kain spandek:

  1. Kurang menyerap keringat dengan baik.
  2. Jika dipakai di cuaca panas kurang cocok karena spandek tidak adem seperti kain katun.
  3. Permukaan kainnya licin.
  4. Mudah menimbulkan bau dan iritasi kulit.
  5. Kurang cocok sebagai pakaian olahraga karena kurang menyerap keringat dan air.

 

Jenis Kain Spandek

Jenis Bahan Spandek
sumber : gudangtextile.com

 

Spandek bahan yang memiliki berbagai jenis kain yang ada di pasaran. Dengan berbagai karakteristik dan kualitas yang dimiliki jenis kain spandek. Hingga saat ini ada beberapa jenis yang beredar dipasaran, diantaranya adalah spandek katun, spandek korea, spandek jersey, spandek hyget, spandek rayon dan rayon super, spandek balon.

Kain spandek sendiri memiliki beragam jenis yang dibedakan berdasarkan desain serta tujuan penggunaannya. Hingga saat ini, jenis kain spandek setidaknya ada sebelas varian, diantaranya adalah spandek denim, spandek katun, spandek jersey, spandek rayon, spandek rayon super, hyget spandek, spandek balon, dan juga spandek korea.

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan dari berbagai jenis kain spandek tersebut.

 

Baca Juga : Seperti apa Bahan Suede? Berikut ini penjelasannya!

 

1. Spandek Katun

Jenis bahan spandek yang pertama adalah spandek katun. Spandek katun dibuat dari bahan campuran serat katun dan serat sintetis elastane. Jadi ibaratnya bisa dibilang bahan spandek campur serat katun. Kombinasi serat yang dihasilkan cenderung elastis, kuat, tahan lama, permukaan halus karena serat katun.

Kain katun spandek memiliki tingkat melar yang tinggi, daya tahan yang lama, dan fleksibilitas yang didapat dari kain spandek. Serat katun yang asli dan alami diperoleh langsung dari alam. Sedangkan serat sintetis elastane merupakan buatan manusia.

Kekurangan dari spandek katun adalah kurangnya daya serap keringat sehingga kurang nyaman apabila digunakan di cuaca panas. Bahan ini cocok untuk digunakan pada pakaian wanita seperti tank top, pakaian yoga, kaos olahraga, celana pendek, celana legging.

 

2. Spandek Rayon

Jenis kain spandek kedua merupakan spandek rayon. Spandek rayon ini memiliki 2 tipe, spandek rayon biasa dan spandek rayon super. Rayon spandek adalah campuran dari kedua bahan yaitu serat spandek dari polyester dan benang rayon. Tekstur yang dihasilkan dari kain ini menyerupai permukaan katun yang halus.

Baca Juga :   Bahan Jaket Waterproof Terbaik

Perbedaannya spandek rayon dengan katun adalah kainnya lebih halus dan dapat melar karena terdapat campuran polyester dari spandek. Sedangkan spandek rayon super memiliki kandungan benang rayon lebih banyak daripada spandek rayon biasa.

Jadi hasilnya lebih halus daripada spandek rayon biasa. Kelebihan yang paling mencolok adalah dapat menyerap keringat dengan baik dan adem ketika dipakai sebagai kaos spandek rayon.

 

3. Spandek Jersey

Tipe kain spandek yang ketiga adalah spandek jersey. Jersey spandek adalah jenis bahan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dan kain jersey. Campuran dari kedua bahan tersebut ini menghasilkan kain yang mempunyai kelenturan cukup tinggi, mampu menyerap panas, ringan dan tidak berat ketika dipakai. Cocok sebagai bahan kaos spandek.

Kain spandek jersey merupakan salah satu jenis kain yang dibuat dari campuran bahan serat spandek dengan bahan jersey. Perpaduan bahan spandek yang memiliki tingkat kelenturan yang tinggi, serat rayon yang menyerap panas, serta benang yang terdiri dari serat kain bamboo ringan, membuat kain spandek rayon jersey ini sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian sehari- hari.

 

Baca Juga : Bahan Jersey Dri Fit

 

4. Spandek Korea

Berikutnya jenis kain dari spandek adalah spandek korea. Spandek korea adalah kain yang hampir seperti spandek jersey. Diluar sana bahan ini juga sering disebut dengan spandek ITY (Interlocked Twisted Yarn). Mempunyai kain yang elastis, lembut, halus, mengkilap dan lemes atau mudah jatuh. Namun perbedaannya adalah bahan spandek korea lebih berat dalam segi berat kainnya. Jika dibandingkan dengan spandek jersey, spandek korea lebih berat.

 

5. Spandek Balon

Jenis kain spandek yang kesebelas adalah kain spandek balon. Kain jenis ini merupakan kain yang terbuat dari bahan dasar spandek serta memiliki sifat elastis dan mudah melar dan bahan ini juga dapat di printing maupun di sublim. Kain jenis ini pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan baselayer ataupun innersuit dalam pakaian olahraga dan juga jersey.

 

6. Spandek Hyget

Spandek hyget ini juga cukup populer sebagai salah satu jenis bahan spandek. Spandek hyget merupakan campuran dari serat kain hyget. Karakteristik dan ciri dari kain ini adalah melar, tidak begitu bagus dalam menyerap keringat atau air, permukaan kainnya kurang halus, dan panas ketika digunakan. Keuntungan dari spandek hyget adalah proses pencuciannya cukup mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus.

 

Baca Juga : Apa itu Bahan Hyget? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya!

 

Kesimpulan

Jadi berikut tadi adalah penjelasan lengkap mulai dari pengertian kain spandek, ciri-ciri kain spandek, kelebihan dan kekurangan kain spandek, jenis kain spandek. Pastinya setelah membaca artikel ini akan menambah wawasan Anda dan memudahkan untuk memilih kain lebih mudah saat ingin membeli baju atau membuat baju dengan kain spandek.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

 

 

About the author

1 Response
error: Content is protected !!