+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Sebagai pecinta fashion, desainer tekstil, atau konsumen yang gemar mengoleksi. Anda pasti pernah menjumpai istilah bahan suede di berbagai toko kain maupun baju. Bahan ini bisa Anda gunakan sebagai rekomendasi bahan jaket dan sepatu. Karena suede adalah bahan premium yang mempunyai ciri dan karakteristik yang cocok digunakan sebagai bahan jaket dan sepatu. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya, simak sampai habis agar tidak salah memilih bahan.

 

Bagaimana Bahan Suede Dibuat?

Asal usul suede berasal dari permukaan bagian dalam kulit binatang yang terlihat di bagian bawah kulit. Kain suede dibuat dengan mengolah kulit hewan dengan berbagai cara. Terkadang produsen menggunakan bagian bawah kulit dekat daging yang lembut ini dengan membalik kulit sehingga bahan suede berada di bagian luar permukaan. Tapi, ini membuat bahannya jauh lebih keras, kaku dan kualitasnya tidak sehalus suede yang premium atau original pada umumnya.

Sebagian besar, metode yang sering digunakan adalah membelah kulit untuk menghilangkan butiran atas, sampai membuatnya hilang,  namun hanya memperlihatkan bagian bawah saat dipakai, dan membuatnya terlihat dari kedua sisi kain. Teknik pembuatan suede yang benar akan menghasilkan kulit yang lebih lembut, tidak kaku, dan kenyal.

 

Pengertian Bahan Suede

Bahan Suede Adalah
sumber : m.made-in-china.com

 

Bahan suede adalah kain yang dibuat dari berbagai jenis kulit hewan dengan permukaan yang halus, seperti beludru. Biasanya suede diproduksi dari kulit sapi, kambing, domba, dan rusa. Awal istilah kata suede berasal dari bahasa Perancis Gants de Suède. Dulu sering digunakan untuk membuat jenis sarung tangan bertekstur lembut yang diimpor dari Swedia. Namun, seiring berjalanannya waktu, bahan suede sudah banyak kita temukan di setiap tempat.

Khususnya tekstil, suede digunakan untuk membuat kebutuhan pakaian dan sepatu dengan bahan kulit yang halus dan lembut. Perbedaan bahan suede dengan bahan lainnya termasuk beludru adalah bahan ini yang tidak mudah terbakar. Bahan suede adalah bagian dari leather atau lapisan kulit yang didapat dari proses dan teknik khusus.

Jenis kulit hewan yang digunakan dapat mempengaruhi hasil akhir dari kain suede. Ketika menggunakan kulit sapi dan rusa yang lebih tebal, akan menghasilkan serat kain suede yang memiliki kualitas bagus yang. Jauh lebih shaggier dan tidak selembut suede ringan yang biasa digunakan. Kain Suede yang bagus memiliki permukaan tekstur yang terangkat.

Karena Suede didapat dari bagian kulit yang lapisannya dekat dengan daging yang berupa lapisan kulit paling tipis. Maka dari itu, suede sedikit kurang tahan lama dibandingkan bahan lainnya yang merupakan lapisan paling luar atau full-grain. Bahan suede paling umum dan sering digunakan adalah dari kulit sapi.

Baca Juga :   Mengenal Bordir dan Jenis-Jenisnya

Bagian kulit yang belum diampelas atau split dengan cara apapun dikenal sebagai “full-grain leather.” Full-grain leather terkadang dibuat hanya dari bagian yang terbaik. Ini merupakan bagian kulit yang paling mahal dan juga paling awet sudah pasti bahannya yang paling premium.

 

Baca Juga : Bahan yang Bagus dan Terbaik Untuk Membuat Kemeja

 

Kegunaan Bahan Suede

Jaket Suede
sumber : indiarmart.com

 

Jika tidak terlalu tahan lama dan tidak cocok untuk pelapis atau pakaian luar, Anda mungkin bertanya untuk apa suede sebenarnya digunakan. Karena bahan suedenya yang indah, lembut dan ringan, sangat cocok sebagai pelapis untuk barang-barang kulit yang tahan lama, serta pakaian seperti tas, sepatu, dan aksesoris fashion berkualitas tinggi. Salah satu kegunaan paling populer untuk suede adalah jaket kulit tradisional barat.

Kelembutan, ketipisan, serta kelenturannya juga membuat suede sangat cocok untuk pakaian dan penggunaan halus. Suede pada dasarnya diproduksi untuk sarung tangan perempuan. Seiring zaman, suede juga populer di jok, sepatu, tas, dan asesoris, dan juga digunakan sebagai lapisan untuk produk kulit lainnya. Karena sifatnya bertekstur dan mempunyai pori-pori, tapi bahan suede sangat mudah menjadi kotor dan cepat menyerap cairan.

 

Karakteristik Kain Suede

Kain Suede Adalah
sumber : indiamart.com

 

Kain suede adalah kain yang halus, lembut, lentur, dan lemes. Saat digunakan juga sangat nyaman karena pada permukaan luar terdapat tekstur yang halus dan otentik. Karena kain suede yang asli akan terdapat corak atau serat yang dimiliki oleh kulit hewan. Biasanya yang sintetis cenderung kaku dan bahannya tidak tahan lama seperti kain suede yang original dan premium.

Selain itu serat yang dihasilkan dari kulit hewan ini dapat menyerap keringat dengan baik. Jadi cocok untuk Anda yang beraktivitas diluar ruangan. Maka dari bahan ini sering digunakan sebagai jaket karena sudah terbukti bahwa bahan suede adem dan dapat menyerap keringat dengan baik. Keunikan lainnya adalah bahan ini tidak mudah terbakar dibandingkan bahan yang lainnya.

 

Baca Juga : Konveksi Jaket Terbaik Di Surabaya

 

Kelebihan dan Kekurangan Kain Suede

Yang pasti setiap bahan akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus perlu diperhatikan dan dipahami. Jangan sampai cuman kata orang bahan ini bagus dan punya kelebihan saja. Namun Anda juga harus memperhatikan kekurangan bahan suede agar tidak kecewa ketika membeli pakaian atau sepatu dengan kain suede. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari bahan suede:

 

Kelebihan Kain Suede

Pertama akan kami bahas kelebihan dari kain suede terlebih dahulu. Jangan sampai salah baca atau melewatkan satu poin ya karena ini hal yang penting untuk Anda ingat-ingat tentang kelebihan suede. Kelebihan suede adalah:

  1. Suede mempunyai tekstur yang lembut serta halus, tekstur yang ringan serta rasa yang baik jauh lebih besar daripada kain universal yang lain.
  2. Pada permukaan kain suede memiliki serat yang sangat tipis, membentuk struktur berlapis-lapis, serta titik pantulnya kecil. Hal itu yang membuat kain bisa halus dan lembut.
  3. Warna dari kain mengkilat dan terdapat bulu-bulu halus seperti beludru.
  4. Bahannya adem, lentur, serta tidak kaku saat digunakan.
  5. Ketika digunakan, kain suede sangat nyaman karena rongga seratnya besar serta padet, sehingga bisa menyerap keringat dengan baik saat di cuaca panas.
  6. Memiliki daya tahan air serta uap yang sangat baik.
  7. Kain suede dapat dengan mudah dibersihkan cukup dengan kain dan produk pembersih sudah bisa membersihkan kain tanpa menggores permukaan suede.
Baca Juga :   Vendor Jaket Bomber | Konveksi Surabaya Lunar Garment

 

Kekurangan Kain Suede

Selanjutnya adalah kekurangan dari bahan leather suede. Pastinya bagian dari kekurangan ini jangan sampai dilewatkan. Karena kalau dilewatkan akan ada informasi penting yang terlewat untuk Anda baca. Kekurangan kain suede adalah:

  1. Kainnya sangat mudah kotor terkena noda, dan debu yang dapat menempel pada permukaan kain.
  2. Cara perawatan suede terbilang cukup susah karena ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya kain suede dapat tahan lama dan tetap bagus.
  3. Kurang tahan jika sering-sering terkena air, karena kain suede mudah kusut, rapuh kalau terkena air.
  4. Harga dari kain suede tergolong relatif mahal karena bahannya yang berasal dari kulit asli dan bukan sintetis.

 

Harga Kain Suede di Pasaran

Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung spesifikasi dari suede yang diberikan. Ada yang dari kulit asli, dan ada juga yang dari sintetis. Yang dari kulit jelas lebih mahal dari sintetis. Untuk harganya dibawah ini.

Harga untuk per meter kain dengan lebar kain sekitar 140 – 150 cm adalah Rp 32.000 sampai Rp 54.000.

Jadi sangat diperhatikan saat memilih kain suede ya teman-teman. Artikel ini bisa Anda pelajari agar dapat memilih kain suede yang tepat untuk kebutuhan garment Anda.

 

Kesimpulan

Untuk Anda yang bingung memilih kain jaket, sepatu, sofa, dan kebutuhan lainnya yang ingin bahan yang halus dan nyaman. Bahan Suede bisa Anda jadikan pilihan, karena memang sangat direkomendasikan. Jangan sampai ketipu kain suede yang abal-abal ya dan kenali juga perbedaan antara kain suede dengan beludru. Bedanya kalau suede tidak mudah terbakar, kalau beludru mudah terbakar. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk Anda, terima kasih sudah membaca artikel kami. Tunggu update artikel yang selanjutnya.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

About the author

Whatsapp Kami
error: Content is protected !!