+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Seiring berkembangnya jaman, mulai banyak beraneka ragam bahan kain untuk jaket, contohnya bahan fleece. Bahan baju fleece adalah salah satu yang tidak pernah pudar dari pasar kain. Permintaan pasar untuk bahan cotton fleece sangat banyak dan sangat diburu tempat konveksi untuk membuat kebutuhan jaket hoodie.

Selain itu fleece cotton merupakan bahan yang premium karena bahan fleece lebih tebal daripada kain yang lain. Sehingga banyak orang memakai kain fleece ini sebagai bahan hoodie yang bagus untuk jaket.

Ketika membeli jaket hoodie, sweater dan pakaian hangat lainnya, pasti akan mendengar yang namanya kain fleece. Bukan hanya fleece saja yang dijadikan pakaian hangat, tetapi juga banyak bahan yang dipakai untuk membuat pakaian hangat.

Tetapi kali ini kita akan membahas bahan yang sangat populer di jaman sekarang. Maka dari itu Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan bahan fleece ini seperti apa sebelum Anda membeli pakaian dengan bahan ini. Simak penjelasannya dibawah ini, ya!

 

Pengertian Bahan Fleece

Fleece Cotton
sumber : indiamart.com

 

Apa itu Fleece? Bahan Fleece adalah kain yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku membuat hoodie, sweater, selimut dan pakaian hangat lainnya. Fleece bahan yang mempunyai tekstur kain yang lembut, halus, adem, dan memiliki sedikit bulu pada permukaannya. Selain itu, bahan ini sangat mirip dengan wol atau biasa dikenal dengan imitasi wol.

Untuk bahan baku yang digunakan untuk pembuatan kain Fleece adalah perpaduan bahan kimia dengan campuran polyester dengan lycra, nylon, dan berbagai jenis bahan sintetis yang lainnya. Bukan hanya itu, fleece juga ada yang terbuat dari 100% serat katun namanya fleece katun, campuran katun dan serat polyester (PE) namanya fleece PE, serta serat Chief Value Cotton (CVC) namanya fleece CVC, dan ada juga sedikit proporsi serat wol.

Ketebalan yang dimiliki oleh bahan ini dibedakan menjadi dua gramasi. Yang pertama ada gramasi 280 gsm, dan yang kedua ada 320 gsm. Cotton fleece yang paling tebal memiliki gramasi 320 gsm. Dengan ketebalan tersebut, baju bahan fleece sangat adem, hangat dan sangat nyaman digunakan.

Sudah dikenal di masyarakat sebagai bahan pakaian hangat dan tebal seperti jaket, hoodie, dan sweater. Jadi sudah tidak heran kalau banyak yang merekomendasikan bahan ini sebagai jaket bahan fleece dan sweater. Selain dipakai untuk hoodie dan sweater, kain fleece juga bisa digunakan untuk membuat selimut dan bed cover.

 

Baca Juga : Bahan Hoodie Yang Bagus

 

Ciri dan Karakteristik Bahan Fleece

Bahan Fleece Seperti Apa
sumber : lunartextile.com

 

Karakteristik yang dimiliki oleh kain fleece ini sangat beragam, namun bahan fleece mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan kain yang lain. Setiap bahan kain pakaian sudah pasti memiliki ciri khas tertentu. Kali ini kami akan memberikan ulasan tentang ciri-ciri dan karakteristik bahan fleece. Karateristik bahan fleece adalah:

  1. Memiliki permukaan kain yang bersifat lembut, halus, serta tidak membuat kulit iritasi.
  2. Ketebalan kainnya tebal daripada kain yang lainnya, namun bahan ini tetap ringan jika dipakai.
  3. Ciri permukaan bagian dalam terdapat bulu-bulu halus.
  4. Ciri permukaan bagian luar seperti bahan kaos single knit.
  5. Permukaan bahannya terlihat bercahaya meskipun dari kejauhan.

Bukan hanya memiliki ciri khas, tetapi ada fakta menarik lainnya dari kain fleece. Fakta menariknya adalah bahan-bahan bekas atau limbah daur ulang seperti plastik bekas dapat didaur ulang menjadi bahan baku pembuatan kain fleece juga lho.

Baca Juga :   5 Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Baju Olahraga

Bahan Fleece memiliki benang yang ringan dan lebih cerah dibandingkan dengan bahan kain yang lainnya. Kain fleece juga sangat lembut dan tidak menyebabkan iritasi di kulit. Jika dibandingkan dengan bahan lain, bahan ini lebih tebal dan juga memiliki jenis bahan yang berbeda serta tingkatan ketebalannya juga berbeda-beda.

Selain itu, kain fleece juga memiliki daya serap yang bagus diantara semua kain. Mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga tidak akan kepanasan saat memakai jaket berbahan fleece.

 

Baca Juga : Perbedaan Fleece Dan Baby Terry

 

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Fleece

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Fleece
sumber : knitto.co.id

 

Pastinya setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kali ini akan kami berikan kelebihan dan kekurangan bahan fleece agar Anda lebih bisa memilih bahan apa yang hendak Anda gunakan nantinya. Sudah penasaran kelebihan dan kekurangannya seperti apa? Simak ulasan berikut ini!

 

Kelebihan Kain Fleece

Bahan ini memiliki beberapa kelebihan yang akan membedakannya dengan bahan kain lainnya. Kelebihannya ini menjadi nilai tambah dan daya tarik tersendiri di industri tekstil. Tak jarang kita temukan berbagai pakaian yang menggunakan kain fleece ini. Berikut kelebihan fleece:

 

  1. Kainnya elastis dan tidak kaku.
  2. Memiliki ketebalan kain yang sangat tebal daripada kain lainnya.
  3. Meskipun kain ini tebal, kain ini tetap ringan dan mudah kering.
  4. Permukaan kainnya halus, adem, dan nyaman saat digunakan.
  5. Memiliki daya serap keringat yang baik.
  6. Fleece cenderung tahan lama dan tidak mudah robek.
  7. Harga kainnya lebih terjangkau.

 

Diatas adalah beberapa kelebihan dari kain fleece, semoga kelebihan ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam membeli pakaian dengan bahan ini.

 

Kekurangan Kain Fleece

Selain kelebihan, pasti ada kekurangan. Bahan ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya unggul, tapi tidak dapat disangkali kalau pasti ada kekurangan. Kali ini akan kami berikan beberapa kekurangan bahan fleece. Berikut kekurangan fleece:

 

  1. Permukaan kain mudah tertempel debu dan rambut.
  2. Tergolong memiliki cara perawatan yang rumit.
  3. Kain fleece tidak tahan terhadap cuaca ekstrem.
  4. Jika salah perawatan, kain ini akan cepat pudar warnanya.
  5. Bagian luar dari kain ini mudah terkelupas jika tidak hati-hati.

 

Semoga kelebihan dan kekurangan ini dapat membantu Anda dalam memilih bahan pakaian yang akan dipakai seperti apa dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

 

Baca Juga : Konveksi Hoodie Terbaik

 

Jenis-Jenis Bahan Fleece

Kain Fleece memiliki berbagai jenis bahan yang ada di pasaran. Ciri dan karakteristik setiap jenis berbeda-beda, namun dapat dikondisikan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan. Pasti sudah penasaran jenis-jenis dari kain fleece apa saja? Simak penjelasan dibawah ini ya!

 

Fleece Cotton

Jenis Bahan Fleece
sumber : ikatbag.com

 

Fleece Cotton adalah salah satu kain yang paling banyak digunakan dan sangat populer sekarang. Biasanya bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan jaket, hoodie dan sweater.

Bahan ini terbuat dari perpaduan antara katun dan polyester yang pastinya akan membuat nyaman dan halus saat dipakai. Serat katun lebih banyak daripada serat polyester dalam campuran tersebut. Gramasi dari fleece cotton ini sekitar 280 – 320 gsm.

Mempunyai ketebalan kain yang tebal namun tetap ringan saat digunakan. Kelemahan kain ini adalah tidak mudah menyerap air yang banyak. Dari keseluruhan berat totalnya, kain fleece hanya bisa menyerap 1% air saja.

Baca Juga :   Konveksi Kemeja Murah Dan Berkualitas Di Indonesia

Tetapi kain fleece memiliki kelebihan yang unik, yaitu kainnya cepat kering. Cocok untuk Anda yang mudah berkeringat. Di tempat kami ini bahan paling diminati dan jadi rekomendasi buat jaket hoodie.

 

Fleece PE (Polyester)

Bahan Fleece PE
sumber : fitinline.com

 

Fleece PE merupakan bahan kain yang terbuat dari campuran serat katun dan polyester, namun serat polyesternya lebih banyak. Permukaan kainnya lebih mengkilap daripada fleece cotton. Serat kainnya lebih elastis karena lebih banyak kandungan polyester daripada katun. Tekstur kainnya lebih kaku daripada fleece cotton.

Bahan ini bisa dibilang sangat jarang digunakan, karena lebih banyak yang memilih kain fleece cotton daripada fleece PE. Karena banyak yang memilih bahan yang tidak kaku, adem, dan lebih halus. Dan juga sering menghindari bahan yang elastis atau mudah melar seperti fleece PE.

 

Harga Kain Fleece

Harga kain fleece ini terbilang cukup terjangkau. Untuk kamu yang membutuhkan kain yang lembut dan membuat kamu hangat saat cuaca dingin, sangat disarankan untuk membuat jaket dari kain fleece katun.

Jaket ataupun sweater dari kain fleece cukup laku di luar sana karena harganya yang murah. Jika kalian ingin membeli kainnya, berikut ini adalah harga kainnya :

Harga Kain Fleece Cotton : Rp 95.000
Harga Kain Fleece PE : Rp 58.500

 

Baca Juga : Bahan Jaket Yang Bagus dan Adem

 

Cara Merawat Kain Fleece

Jika hanya tahu kain saja saya rasa kurang lengkap, kita harus tahu juga cara merawatnya supaya bahan ini tidak rusak dan terus awet. Selain itu untuk menghindari kain yang pudar, kain yang menjamur dan banyak lainnya.

  1. Menghindari penggunaan pemutih – Karena hal tersebut akan membuat serat kain menjadi rusak dan akan mengurangi daya serap kain.
  2. Lebih baik tidak menggunakan mesin cuci – Memang cukup efisien dengan menggunakan mesin cuci, jika Anda tahu cara yang tepat mencuci kain ini dengan mesin cuci. Mengatur pemutaran yang paling pelan dan suhu yang paling rendah.
  3. Saat mencuci jangan lupa membalik jaket atau sweater – Hal ini akan menjaga ketahanan kain Anda, mulai dari warna, serat dan aspek yang lainnya.
  4. Menghindari menjemur langsung di bawah terik matahari – Karena itu akan membuat kain fleece cepat pudar dan merusak serat yang ada di kain fleece. Jemurlah di tempat yang teduh karena kain fleece adalah kain yang cepat kering.

 

Kesimpulan

Jadi berikut tadi sudah kami jelaskan ciri dan karakteristik dari fleece. Semoga ilmu yang kami bagikan ini dapat membantu Anda dalam menentukan bahan pakaian mana yang ingin digunakan. Atau mungkin sudah terlanjur beli salah satu jenis bahan tersebut.

Untuk Anda yang ingin membuat jaket hoodie, sweater, dan pakaian lainnya. Kami bisa bantu kebutuhan garment atau clothing store Anda. Lunar Garment adalah salah satu garment surabaya yang sudah berpengalaman dalam membuat jaket, hoodie, sweater.

Cara pemesanannya mudah, cukup hubungi nomor Admin kami lewat WA 0895-8008-60000. Langsung hubungi sekarang dan dapatkan harga yang terjangkau untuk Anda.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

Untuk anda yang ingin membeli kain bisa langsung hubungi :

LUNAR GARMENT INDONESIA

Jl. Kapasan No. 204, Surabaya

Telp/ WA : 089687288182

Email : lunartextileku@gmail.com

www.lunartextile.com

 

Terima Kasih Sudah Membaca 😀

 

About the author

2 Responses
  1. […] Fleece Cotton adalah salah satu kain yang paling banyak digunakan dan sangat populer sekarang. Biasanya bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan jaket, hoodie dan sweater. Bahan ini terbuat dari perpaduan antara katun dan polyester yang pastinya akan membuat nyaman dan halus saat dipakai. Serat katun lebih banyak daripada serat polyester dalam campuran tersebut. Gramasi dari fleece cotton ini sekitar 280 – 310 gsm. […]

Whatsapp Kami
error: Content is protected !!