+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Lunargarment – Kain jas hujan ini memiliki berbagai macam bahan yang sering digunakan. Bahan jas hujan ini walaupun banyak jenisnya namun memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi tubuh agar tidak basah.

Jas hujan merupakan pakaian tahan air yang dipakai untuk melindungi tubuh dari air hujan. Fungsi utama jas hujan adalah untuk mengurangi air yang masuk ke tubuh dan pakaian. Selain itu meminimalkan angin yang masuk supaya tubuh tidak kedinginan.

Jenis – Jenis Kain Jas Hujan

Kain jas hujan mempunyai banyak jenis dan karakteristik yang berbeda-beda, maka dari itu kita perlu ketahui jas hujan mana yang akan kita pakai nanti. Berikut ini adalah kain yang sering digunakan untuk pembuatan jas hujan :

Jas Hujan Bahan Plastik

Jas Hujan Plastik
sumber : istockphoto.com

Kain jas hujan ini memiliki karakteristik yang ringan, sehingga sangat praktis digunakan dalam keadaan darurat. Namun kain jas hujan ini tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang, karena mudah robek dan tidak awet seperti kain jas hujan lainnya.

Jika ingin menggunakan jas hujan plastik yang lebih awet, bisa memilih plastik mika. Jas hujan plastik mika memiliki karakteristik transparan serta lebih kuat dan tebal dibandingkan bahan plastik biasa. Harga dari jas hujan plastik ini bisa dibilang paling murah dari jas hujan lainnya.

Jas Hujan Bahan Taslan Balon

Jas Hujan Kain Taslan Balon
sumber : tokopedia.com

Jas hujan ini terbuat dari pelapis balon. Kelebihan dari jas hujan taslan balon adalah sangat awet dan tidak mudah robek. Lapisan dalam dilapisi dengan karet agar tahan air untuk mencegah air masuk ke bagian dalam.

Dengan bahan ini, jas hujan menjadi lebih mudah kering saat hujan ringan. Jika hujan deras cukup di bersihkan dengan kain lalu dijemur agar cepat kering.

Bahan Goretex

Jas Hujan Goretex
sumber : shopee.co.id

Jas hujan ini dari kain goretex yang sudah teruji 100% anti air. Mampu bertahan di cuaca yang ekstrim serta tidak mudah robek.  Memiliki jahitan full seam seal yang lengkap (air tidak bisa menembus sela-sela jahitannya).

Jika anda seorang pendaki gunung, jas hujan ini cocok untuk anda. Karena bahan goretex memiliki kelebihan yaitu anti air, tahan cuaca ekstrim, tidak mudah robek, dan cepat kering.

 

Baca Juga : Bahan Jaket Waterproof Terbaik

 

Bahan PVC

Jas Hujan Kain PVC
sumber : matchesfashion.com

Untuk jenis kain jas hujan, bahan pvc masih mengandung plastik, namun lebih kuat dan memiliki ciri khas bahan yang dikenal ringan, tidak terlalu tebal, dan relatif sejuk untuk dipakai.

Bahan Parasut

Bahan Parasut
sumber : alibaba.com

Jas hujan dengan kain parasut ini lebih waterproof daripada kain PVC (Polymer of Vinyl Chloride), ringan dan halus. Namun material jas hujannya memiliki kain yang tebal sehingga dibutuhkan ruang penyimpanan tambahan untuk membawanya.

Bahan Karet

Jas Hujan Bahan Karet
sumber : raincoatforwomen.com

Dengan bahan karet ini memiliki dua jenis bahan, ada yang berbahan semi karet dan full karet. Full karet mempunyai karakteristik bahan yang tebal dan berat sehingga saat dipakai terasa sangat panas, tetapi anti airnya sangat baik untuk melindungi tubuh.

Jas hujan semi karet memiliki karakteristik bahan yang fleksibel dan tidak tebal maupun cukup panas untuk digunakan. Jika bahan semi karet digunakan dalam waktu lama, tingkat kelenturan bahan akan hilang sehingga menyebabkan cepat robek.

Berikut tadi adalah macam-macam jenis kain jas hujan yang sering dipakai, setelah membaca artikel ini anda jadi tahu macam-macam jenis jas hujan yang beredar di luar sana. Bukan hanya itu, anda juga lebih bisa memilih mana jas hujan yang 100% anti air serta awet hingga jangka panjang.

 

Terima kasih sudah membaca 😀

About the author