+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Cotton combed adalah kain katun yang paling umum di pasaran. Bahan cotton combed sudah menjadi favorit konsumen di industri konveksi kaos, karena bahannya yang lembut dan halus. Karakteristik kain yang halus membuat Cotton Combed diburu orang untuk menjadi bahan utama kaos. Sejauh ini, belum ada bahan yang bisa menandingi penjualan bahan ini di pasaran.

Dari segi penggunaan, kain ini sangat cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia, yang berkaitan dengan kemampuannya menyerap keringat dengan baik. Oleh karena itu, kain katun combed juga dinilai jauh lebih mahal dibandingkan kain katun lainnya. Cotton Combed ini memiliki 3 jenis, yaitu cotton combed 20s, 24s, 30s, 40s. Berikut ini akan kami berikan penjelasan dari angka-angka tersebut.

 

Pengertian dari Angka dan Huruf pada jenis Cotton Combed

Jenis Cotton Combed
sumber : shopee.co.id

 

Dalam proses pembuatannya, cotton combed dibuat dengan ketebalan dan bentuk tenunan yang berbeda-beda, oleh karena itu cotton combed memiliki banyak variasi. Tingkat ketebalannya sendiri seringkali disesuaikan dengan selera atau bahkan permintaan pasar. Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam membedakan cotton combed satu dengan yang lain, sistem penomoran atau penggunaan angka sebagai simbol dapat mewakili ketebalan masing-masing cotton combed.

Saat ini di pasaran terdapat 4 jenis kain cotton combed yang umum beredar yaitu 20, 24, 30 dan 40. Angka 20, 24, 30 dan 40 menunjukkan jenis kerapatan benang yang digunakan dalam proses merajut. Semakin rendah angka ini, semakin tebal bahan dan rajutan kain katun. Dan sebaliknya. Semakin besar angka ini, semakin tipis bahannya. Namun, tidak jarang beberapa clothing line ternama sengaja meminta bahan dengan ketebalan yang tidak biasa, seperti 28, 32, dan 34.

Baca Juga :   Hasil Produksi dan Desain Seragam CV.MITRA MANDIRI SEJAHTERA.

Selain tingkat ketebalan, ada juga perbedaan lain yang bisa kamu perhatikan dari rajutan bahan kaos yang digunakan, yang bisa kamu bedakan melalui penggunaan jumlah jarum yang digunakan. Saat ini produksi kapas combed biasanya menggunakan 2 jenis jarum yang berbeda, yaitu jarum rajut tunggal atau tunggal, dan yang disebut jarum rajut ganda. Untuk jarum rajut tunggal biasanya disingkat menjadi “s”, dan untuk jarum rajut ganda disingkat menjadi “d”. Penggunaan dua huruf ini biasanya diletakkan di belakang angka yang menunjukkan ketebalan dan kerapatan bahan katun combed rajut atas.

 

Perbedaan setiap jenis Cotton Combed

Jenis Jenis Cotton Combed
sumber : lunartextile.com

 

1. Cotton Combed 20s

Kaos bahan cotton combed 20s mempunyai berat 180 – 220g/m2 untuk rajutan tunggal. Kain katun ini umumnya tersedia sebagai pilihan utama untuk konveksi kaos. Karena penjual bahan jenis ini bisa ditemukan dimana-mana. Apalagi sekarang banyak produsen kaos dengan bahan 20s yang memudahkan produksi konveksi dan sablon kaos.

 

2. Cotton Combed 24s

Meski dikenal dengan pola rajutan yang sama, single knit. Memiliki tingkat gramasi hanya berkisar 170-210 g/m2. Jenis cotton combed 20s ini banyak digunakan pada konveksi kaos dan clothing line. Bahan cotton combed dikenal nyaman dan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis untuk sebuah kaos. Bisa dibilang bahan ini tengah-tengah untuk kamu yang ingin tebal tapi tidak terlalu tebal.

Baca Juga :   Hasil Produksi dan Desain Kaos cotton combed "PT. Tanjung Bersinar Cemerlang"

 

3. Cotton Combed 30s

Bahan ini adalah paling favorit anak muda. Cotton combed 30s lebih tipis dari 24s, tetapi bahan ini memiliki kelebihan yaitu bahannya adem, sehingga banyak digunakan dalam konveksi kaos dan sablon kaos. Memiliki ketebalan dengan gramasi 140 – 160 gr/m2 dan menggunakan jenis rajutan single knit

 

4. Cotton Combed 40s

Dibandingkan dengan bahan katun combed yang disebutkan di atas, sudah pasti dikenal sebagai bahan yang paling tipis. Hal ini disebabkan tingkat berat dasar hanya 110-120 g/m2. Selain itu, ia juga menggunakan jenis rajutan knit.

 

Kesimpulan

Berikut tadi adalah penjelasan serta perbedaan setiap jenis combed yang ada di pasaran. Sekarang kamu jadi lebih tahu tentang jenis-jenis combed dan tahu bahan saat kamu membuat kaosmu sendiri. Untuk kamu yang ingin membuat kaos sablon, bisa langsung hubungi konveksi kaos surabaya kami di www.lunargarment.com.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

About the author

4 Responses
Whatsapp Kami
error: Content is protected !!