+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Anda sedang mencari bahan kain yang bagus untuk membuat kaos, hijab, busana muslim, daster. Tapi masih belum menemukan bahan yang cocok? Berikut ini kami berikan pertimbangan, mungkin Anda bisa memilih bahan rayon. Rayon adalah bahan yang memiliki ciri khas yaitu kainnya sangat halus, lembut, melar, dan mudah menyerap keringat seperti katun.

 

Pengertian Bahan Rayon

Bahan Rayon Adalah
sumber : silverbobbin.com

 

Apa itu bahan rayon? Bahan rayon adalah kain kaos yang terbuat dari bahan dasar serat selulosa yang dimurnikan dengan bahan kimia tertentu. Selulosa adalah hasil pengolahan ampas kayu pohon beech. Kain rayon sering disebut dengan kain semi sintetis. Kain ini cukup populer di industri tekstil dan harganya pun lebih murah dari bahan kaos lainnya seperti combed, carded, bahkan hyget.

Tidak hanya digunakan untuk produksi pakaian seperti kaos, namun rayon bahan juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan busana muslim, kerudung, daster, selimut, gorden, dan sprei. Kepopuleran kain ini tidak kalah dengan kain katun. Karena kain rayon memiliki ciri khas yang unik dan tidak dapat ditemui oleh kain lainnya.

Ciri khas yang paling membedakan adalah kainnya tipis, tetapi sangat halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Padahal serat rayon mengandung unsur kimia, karbon, hidrogen, dan oksigen. Kain rayon juga memiliki daya serap keringat seperti kain katun.

Jadi tidak heran kalau memang bahan kaos rayon ini sangat dicari orang karena bahannya murah, halus, lembut dan kainnya pun serba guna. Bahannya pun sering digunakan untuk bahan buat kaos karena bahan rayon lembut.

Yang perlu Anda perhatikan adalah ciri-ciri dan karakteristik dari kain rayon. Pastinya sebelum memilih kain rayon untuk pakaian Anda, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu ciri dan tekstur kain dari bahan ini. Berikut ini adalah karakteristik dari kain rayon.

 

Baca Juga : Buat Kaos Custom Murah di Surabaya

 

Karakteristik Bahan Rayon

Bahan Rayon Seperti Apa
sumber : threadcurve

 

Bahan rayon seperti apa? Kain rayon mempunyai ciri khas kain yang lembut, halus, menyerap keringat dengan baik, serta yang paling penting adalah adem kainnya. Permukaan kainnya mengkilap dan beratnya ringan.

Beberapa ciri khas yang membedakan contoh bahan rayon dengan kain yang lain adalah :

  1. Tekstur permukaan kainnya halus dan lembut.
  2. Memiliki daya serap keringat yang tinggi setara dengan kain katun.
  3. Kainnya memiliki kilau yang tinggi.
  4. Permukaan kain licin mirip seperti kain sutra.
  5. Kainnya mudah kusut.
  6. Mudah terbakar.
  7. Serat kain mengandung unsur karbon, oksigen dan hydrogen.
  8. Tingkat retensi sangat rendah sehingga agak sulit dibentuk seperti bentuk semula.

Jika Anda sudah mengetahui karakteristik dari kain rayon, belum lengkap jika tidak mengenal kelebihan dan kekurangan bahan rayon. Akan lebih mudah jika mengetahui kelebihan dan kekurangan sebelum digunakan sebagai bahan kebutuhan garment Anda.

 

Baca Juga : Apa itu Bahan Lotto? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

 

Kelebihan dan Kekurangan Rayon

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Rayon
sumber : threadcurve.com

 

Bahan rayon bagus atau tidak? Rayon termasuk kain yang bagus dan cocok digunakan sebagai kain yang serbaguna, namun rayon juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini kami jelaskan kelebihan dan kekurangan bahan rayon:

 

Kelebihan Bahan Rayon

Pertama kami akan berikan kelebihan kain rayon terlebih dahulu untuk Anda:

  1. Kain rayon memiliki banyak varian warna. Salah satu sebabnya adalah karena mudah untuk diwarnai. Jadi semakin banyak warna membuat pelanggan yang ingin membeli semakin tertarik untuk menggunakan kain rayon.
  2. Bahan rayon mampu menyerap keringat dengan baik sehingga hampir setara dengan kain katun.
  3. Berat dari kain ini bisa dibilang sangat ringan dan tidak berat saat digunakan. Sehingga sangat nyaman untuk busana muslim dan baju olahraga yang membutuhkan kain rayon ringan agar dapat berolahraga.
  4. Memiliki harga kain yang murah dan terjangkau membuat kain ini menjadi populer.
  5. Serat kain rayon memiliki pori-pori yang tergolong lebar sehingga sirkulasi udara menjadi baik. Oleh karena itu kain rayon adem dan bagus saat digunakan di cuaca yang panas.
  6. Mempunyai tekstur kain yang lembut dan licin sehingga dapat meminimalkan gesekan pada permukaan kulit. Dengan begitu kulit akan terhindar dari iritasi.
  7. Kelebihan lainnya adalah kain rayon mudah dikombinasikan dengan kain yang lainnya. Contohnya rayon spandek, rayon jersey, rayon polyester, rayon crinkle.
Baca Juga :   8 Style Cowok Kemeja yang Keren & Gampang Ditiru!

 

Kekurangan Bahan Rayon

Selain memiliki beragam kelebihan, kain rayon juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan saat ingin memiliki kain ini. Berikut adalah kekurangan bahan rayon:

  1. Bahan rayon mudah menyusut karena memang kainnya ini sangat sensitif dalam hal perawatan. Maka dari itu kalau mencuci rayon, jangan menggunakan pengering. Karena akan menyebabkan kain menjadi menyusut.
  2. Ketika kain rayon tidak dikeringkan dengan baik, kain ini akan mudah menimbulkan bau yang tidak enak. Karena bau tersebut adalah dari kain rayon yang mudah menyerap keringat.
  3. Jika dicuci dengan cara sembarangan kain rayon akan sangat mudah luntur. Maka dari itu disarankan untuk mencuci kain rayon dengan tangan saja, jangan menggunakan mesin cuci.
  4. Walaupun kain ini sangat lembut dan licin, namun bahan rayon tipis dan tidak tebal. Jadi pasti kekurangannya kalau keluar rumah akan terawang kaos nya jika terbuat dari rayon.
  5. Kain rayon juga tergolong kain yang mudah rusak loh, karena kain ini tipis. Jika tidak hati-hati maka kain ini bisa mudah robek jika mencuci dengan mesin cuci atau terkena benda tajam.

 

Baca Juga : Apa itu Bahan Hyget? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

 

Jenis-Jenis Bahan Rayon

Jenis Jenis Bahan Rayon
sumber : earthandhuman.org

 

Tentunya setiap kain akan terdapat macam-macam bahan rayon yang bisa ditemukan. Berikut ini akan kami berikan rangkuman dari setiap jenis kain rayon yang ada dipasaran. Supaya Anda dapat paham dan bisa membedakan dari beberapa jenis kain rayon yang kami jelaskan dibawah ini.

 

1. Rayon Polyester (PE)

Jenis rayon yang pertama adalah rayon polyester atau PE. Bahan rayon polyester merupakan campuran dari kombinasi serat rayon dengan serat polyester. Semakin banyak kandungan serat polyester daripada rayon, akan membuat harga kainnya semakin murah.

Hasil campuran dari kedua bahan ini menghasilkan kain yang memiliki ciri khas kasar, kaku, mudah sobek, dan panas saat digunakan karena terdapat kandungan polyester. Kain ini cocok Anda gunakan sebagai kaos promosi, kaos partai, atau bisa juga sebagai kerudung dengan harga murah.

 

2. Rayon Spandek

Yang kedua termasuk bahan rayon yang bagus adalah rayon spandek. Rayon spandek adalah gabungan dari rayon dan kain spandek. Kain ini memiliki ciri ciri yang hampir mirip dengan katun yaitu permukaannya tidak berkilau, lembut, melar, nyaman dan mudah menyerap keringat.

Kombinasi dari kedua bahan ini menghasilkan kain yang cocok digunakan untuk pakaian olahraga khususnya. Karena kainnya elastis dan mudah membentuk lekuk tubuh. Selain itu rayon spandek juga biasa digunakan sebagai bahan kaos, kerudung, gamis.

 

Baca Juga : Bahan Spandek Seperti Apa? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

 

3. Rayon Viscose

Viscose adalah jenis kain rayon semi-sintetis yang terbuat dari pulp kayu yang digunakan sebagai pengganti sutra, karena memiliki drape dan kesan halus yang mirip dengan bahan mewah. Ini adalah kain serbaguna dengan berbagai kegunaan, dari pakaian hingga tali, dan merupakan jenis rayon yang paling umum.

Viscose memiliki kekuatan basah terendah dari semua jenis rayon yang berbeda, yang berarti kemungkinan besar akan menyusut atau kehilangan bentuknya dalam proses pencucian.

 

4. Rayon Crinkle

Rayon crinkle adalah salah satu kain yang paling unik dari jenis kain rayon. Uniknya karena tesktur dari kain ini bergelombang seperti ombak. Jadi akan terlihat kusut jika dilihat mata, akan tetapi kain ini tetap halus dan lembut. Berat dari kain ini juga tergolong ringan.

Ciri-ciri dari rayon crinkle adalah permukaannya bergelombang, berkerut, lembut, adem dan tidak begitu tipis kainnya. Bahan rayon crinkle cocok digunakan sebagai bahan pembuatan dress, gamis, kerudung, kemeja cewek dan lainnya.

Baca Juga :   Konveksi Jas Almamater Terbaik Surabaya

 

5. Rayon Jersey

Jenis yang terakhir adalah rayon jersey. Bahan rayon jersey merupakan kain yang menarik, karena rayon jersey dibuat dengan bahan dasar wol, polyester, dan katun. Atau lebih mudahnya adalah campuran rayon dengan jersey.

Ciri dari rayon jersey bisa Anda lihat dari karakteristik yang ada yaitu kainnya licin, berkilau, halus, dan melar. Mampu menyerap keringat dengan baik juga seperti rayon spandek. Cocok digunakan sebagai pembuatan kaos, kerudung, gamis, sprei, dan gorden.

 

Cara Merawat Kain Rayon Yang Benar

Setelah Anda mengerti jenis-jenis dan karakteristik dari kain rayon, ada juga hal yang perlu diperhatikan yaitu cara merawat bahan rayon.

Agar membuat pakaian dengan bahan rayon Anda terlihat awet dan tetap terlihat baru ketika digunakan. Berikut adalah cara merawat kain rayon yang baik dan benar:

 

1. Menghindari Mencuci Dengan Mesin Cuci

Untuk mencuci rayon sendiri cukup rumit karena bahan rayon sangat sensitif. Jika salah mencucinya kain rayon bisa rusak dan robek. Jadi hindari untuk mencucinya dengan mesin cuci, akan lebih baik mencucinya menggunakan tangan secara pelan-pelan. Agar kain awet dan tidak cepat rusak

 

2. Hindari Menyikat Permukaan Bahan Rayon

Sangat disarankan untuk tidak memakain sikat dalam membersihkan permukaan kain rayon. Cukup hanya dengan tangan saja secara lembut dan perlahan. Kain yang dicuci dengan sikat akan merusak serat-serat pada kain rayon dan membuatnya menjadi rapuh. Kalau ada noda yang susah hilang maka cukup dikucek saja dengan tangan sampai bersih.

 

3. Proses Perendaman Yang Baik

Jika Anda ingin merendam kain rayon, sebaiknya gunakan air dingin agar kain tidak rusak. Merendam dengan air panas akan membuat kain rayon menjadi cepak rusak. Untuk merendam kain rayon, jangan menggunakan deterjen terlalu banyak agar kain tidak rusak. Disarankan hanya merendam selama 20 menit.

 

4. Jangan Gunakan Pemutih Pakaian

Hindari penggunaan pemutih jika ingin kain rayon Anda tidak cepat rusak. Anda bisa menggunakan air yang dicampur baking soda dan sedikit lemon sebagai penggantinya. Namun jangan gunakan terlalu sering agar kain rayon Anda tetap bertahan lama.

 

5. Keringkan Secara Manual

Setelah mencuci kain rayon sebaiknya jangan gunakan pengering mesin cuci kalau Anda ingin kain rayon dapat bertahan lama. Cara terbaik adalah dengan menjemur secara manual saja yaitu dijemur dipanas matahari. Namun tidak disarankan untuk terkena cahaya matahari secara langsung. Hal tersebut mengakibatkan warna kain rayon akan pudar karena terkena panasnya sinar matahari.

 

6. Setrika Kain dengan Temperatur Rendah

Kain rayon termasuk kain yang tidak kuat panas maka dari itu jika ingin menyetrika kain rayon, Anda bisa menggunakan temperatur yang rendah. Menyetrika pada temperatur rendah tentunya kain rayon juga akan cepat halus. Jika Anda ingin menyetrika tambahkan pelapis kain diatas kain rayon agar setrika yang panas tidak langsung mengenai permukaan kain rayon.

 

7. Cara Menyimpan Kain Rayon

Menyimpan pakaian mungkin adalah sesuatu yang cukup simpel dan mudah, apalagi kain rayon ini lembut sehingga mudah sekali untuk dirapikan. Anda harus melipat kain rayon dan tumpuk dengan baju-baju lain di lemari dengan rapi. Kelembaban ruangan akan mengakibatkan kain rayon menjadi rusak dan tidak awet.

 

Kesimpulan

Nah gimana? pasti belajar banyak tentang kain rayon dari artikel ini kan. Intinya rayon cocok digunakan untuk membuat kaos, gamis, kerudung, pakaian olahraga. Maka dari itu setiap karateristik kain ini harus Anda pelajari dengan baik. Jadi pastikan sudah yakin atas pilihan bahan kaos anda.

Bagi anda yang ingin buat kaos menggunakan rayon, kami bisa membantu anda. Lunar Garment adalah salah satu konveksi kaos surabaya terbaik. Sudah berpengalaman membuat kaos sejak 2011. Dengan kualitas jahitan dan sablon yang berkualitas akan menjamin kaos idaman anda. Hubungi kami lewat kontak dibawah ini.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

About the author

1 Response
Whatsapp Kami
error: Content is protected !!