+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Kain drill adalah bahan kain yang biasa digunakan untuk kemeja atau pakaian seragam. Yang tentunya anda pasti sudah pernah mendengar nama dari kain ini, atau anda sudah punya kemeja dengan bahan ini. Bahan drill ini memiliki kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan utama dibandingkan bahan lainnya. Salah satu kelebihannya adalah bahan ini sangat bagus dan cocok digunakan untuk buat kemeja dan seragam.

Kegunaan dari bahan ini juga beragam, mulai dari digunakan untuk kemeja lapangan, seragam kantor, kemeja PDH, PDL, jas almamater kampus, hingga seragam TNI atau Polri. Hampir semua bahan kemeja menggunakan kain drill ini. Maka dari itu, sangat perlu diperhatikan untuk tahu lebih lengkapnya tentang bahan drill. Selengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

 

Pengertian Bahan Drill

Pengertian Bahan Drill
sumber : lunartextile.com

 

Bahan drill adalah kain yang terbuat dari serat katun yang dipintal membentuk garis diagonal atau miring dengan jalinan benang yang kuat. Serat katun yang digunakan pun bervariasi sesuai jenis-jenis drill, ada yang menggunakan 100% serat katun, dan ada yang menggunakan perpaduan antara serat katun dan polyester.

Sejarah dari kain drill ini awalnya digunakan untuk membuat seragam tentara Inggris di India yang terkenal dengan sebutan Khaki Drill. Khaki sendiri dari berasal dari kata “khak” dalam bahasa India yang berarti warna dari debu. Di tahun 1840 resimen pasukan India ini menggunakan pakaian berwarna khaki pada saat bertugas di perbatasan untuk membuat mereka tidak terlihat di wilayah yang penuh debu itu.

Sejak saat itu Khaki dan bahan drill menjadi populer dan mulai sering digunakan. Setelah perang selesai, beberapa tentara masih sering menggunakan pakaian dengan kain drill tersebut. Seiring jaman, akhirnya bahan drill mulai digunakan untuk pakaian casual seperti kemeja.

 

Ciri-Ciri Dan Karakteristik Bahan Drill

Ciri-Ciri dan Karakteristik Bahan Drill
sumber : plazakain.com

 

Untuk mengenali kain ini ada beberapa ciri dan karateristik yang membedakannya dengan bahan lainnya. Karena bisa dibilang bahan ini sangat mudah dibedakan. Berikut ini akan kami berikan ciri-ciri dan karakteristik bahan drill secara lengkap dan jelas.

  1. Mempunyai tekstur kain yang membentuk garis-garis miring pada permukaan kainnya.
  2. Memiliki jalinan benang yang kuat dan awet.
  3. Kainnya tidak mudah kusut.
  4. Tesktur kainnya lembut, halus, dan tidak panas.
  5. Mudah menyerap keringat dengan mudah.
Baca Juga :   Hasil Produksi dan Desain Kemeja Drill, Perusahaan Bersatu Sukses Group.

 

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Drill

Tentunya bahan ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan sama seperti kain lainnya. Dengan begitu anda harus sangat memperhatikan juga dari segi ini. Berikut ini akan kami berikan penjelasan kelebihan dan kekurangan bahan drill:

Kelebihan Bahan Drill

  1. Pilihan ketebalan bervariasi dari menengah hingga tebal.
  2. Kainnya kuat terhadap tarikan, gesekan dan tekanan.
  3. Salah satu kain yang awet juga tahan lama.
  4. Mudah menyerap keringat dan tidak panas.
  5. Merupakan bahan kain dengan hasil tenunan yang rapat.
  6. Tidak mudah kusut.
  7. Memiliki Banyak pilihan warna.

Kekurangan Bahan Drill

  1. Beberapa jenis drill gampang luntur jika dicuci.
  2. Kain ini cukup berat jika basah.
  3. Kainnya Mudah terbakar.
  4. Tidak cocok jika dijadikan kaos.
  5. Harga relatif mahal.

 

Jenis-Jenis Bahan Drill

Kualitas dari kain drill ini juga berbeda-beda karena memiliki berbagai jenis dan produsen yang berbeda juga, tentu hal ini akan menentukan kualitas dari kain ini. Berdasarkan dari ukuran serat kain drill, kain ini dibedakan menjadi tiga jenis, diantaranya :

  1. Twist atau Twill Drill merupakan kain drill dengan ukuran serat pintalan paling kecil
  2. American Drill adalah kain drill yang memiliki serat pintalan berukuran sedang
  3. Japan Drill merupakan kain drill yang mempunyai ukuran serat pintalan paling besar atau tebal.

Simak penjelasan masing-masing dari ketiga jenis kain drill dibawah ini.

 

Twist/Twill Drill

Bahan Twill Drill
sumber : rameshexports.com

 

Bahan Twist/Twill drill adalah jenis kain yang terbuat dari katun. Twill merupakan teknik anyaman kain dengan benang lusi dan pakan yang salin bersilangan sehingga membentuk benang bergaris miring. Jenis bahan drill yang satu ini memiliki ukuran serat paling kecil. Sehingga kain ini memiliki sifat bahan yang bisa dibilang sulit ditembus oleh air. Hal ini yang membuat kain ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat jas almamater dan jas komunitas. Selain itu juga bisa digunakan untuk bahan kemeja juga.

 

American Drill

Kain American Drill
sumber : shopee.co.id

 

American drill adalah kain yang terbuat dari perpaduan dari serat katun dan polyester. Memiliki ukuran serat pintalan diagonal berukuran sedang, atau bisa dibilang lebih besar dari twil/twist drill. Ciri khas dari american drill adalah kainnya yang kuat, kaku, dan sedikit kasar pada permukaan kainnya. Bahan American Drill ini sangat sering digunakan untuk membuat kemeja lapangan (PDL), kemeja kantor (PDH), jas almamater, wearpack, seragam pabrik, dan banyak juga lainnya. Merk kain yang memproduksi kain ini yaitu Dan Gan Drill, Americo Drill, Verlando American Drill, Unione, dan Castilo Drill.

Baca Juga :   Mengenal Bisnis Thrift Shop dan Cara Memulainya

Japan Drill

Bahan Japan Drill
sumber : mitramulia.com

 

Bahan drill yang bagus adalah japan drill. Japan Drill adalah kain yang terbuat dari serat katun dengan komposisi yang tinggi. Dibandingkan dengan american drill dan twill drill, bahan japan drill memiliki serat diagonal yang paling besar. Dengan serat katun yang mendominasi kain ini, membuat harga kain japan drill menjadi mahal. Ciri-ciri dan karakteristik dari kain japan drill adalah bahannya mudah menyerap keringat, tidak kaku, tidak panas, kainnya lembut dan halus. Jadi ketika dipakai akan terasa adem dan nyaman digunakan.

Kekurangan dari bahan ini adalah jenis kain yang mudah terbakar, jadi sangat tidak disarankan menggunakan bahan ini untuk buat wearpack pemadam kebakaran. Biasanya kain ini digunakan untuk kemeja kantor, kemeja PDH, kemeja PDL, seragam kerja, seragam kantor, seragam organisasi, kemeja kampus dan banyak lainnya. Merk kain yang memproduksi kain ini yaitu Taipan Japan Drill, Bravada Japan Drill, Obor Japan Drill, Nagata Japan Drill, Verlando Japan Drill, Avana Japan Drill, Namura Japan Drill, Passuka Japan Drill, dan Hisofy Drill.

 

Penggunaan Bahan Drill

Bahan drill telah digunakan untuk berbagai macam pakaian dan fungsi lain. Jika anda masih bingung penggunaan kain drill apa saja. Berikut ini akan kami berikan adalah beberapa jenis pakaian yang menggunakan kain drill sebagai bahannya:

  • Pakaian Dinas Lapangan (PDL)
  • Seragam kantor atau Pakaian Dinas Harian (PDH)
  • Kemeja kerja (seragam NET TV, Trans TV, dll)
  • Pakaian chef atau juru masak
  • Seragam Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri
  • Seragam pabrik
  • Pakaian safety, konstruksi, dan pertambangan
  • Jaket outdoor
  • Jas almamater
  • Pakaian safari
  • Rok wanita
  • Celana kantor
  • Jas atau Blazer
  • Celana baggy (Baggy pants)
  • Pembuatan rompi
  • Topi

Kesimpulan

Jadi itu tadi adalah penjelasan lengkap dari kain drill. Sekarang anda akan lebih mudah memilih bahan yang ingin digunakan sebagai bahan kemeja anda. Tentunya bukan hanya kain drill saja yang ada dipasaran, namun dengan begini anda juga bisa memilih bahan ini sebagai pilihan untuk buat kemeja.

Untuk anda yang lagi butuh konveksi kemeja, atau produsen kemeja untuk buat kemeja PDH, PDL atau seragam kantor custom. Kami bisa bantu kebutuhan kemeja atau seragam anda. Lunar Garment sudah berpengalaman membuat kemeja sejak tahun 2011 hingga sekarang. Bagi anda yang ingin memesan kemeja langsung menghubungi kami lewat kontak dibawah ini.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

About the author

4 Responses
Whatsapp Kami
error: Content is protected !!