+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Cara menghilangkan jamur pada pakaian. Menghilangkan jamur di pakaian tidak bisa dilakukan secara asal, Lho! Karena jamur dapat tumbuh pada benda apa saja yang ada di rumah Anda. Salah satunya adalah pakaian Anda.

Jika jamur sudah bersarang di pakaian, hal ini pasti akan mengganggu penampilan Anda. Pakaian yang bersih sekalipun juga dapat menjadi terkena jamur dari pakaian yang terdampak jamur juga lho.

Maka dari itu kami berikan solusi untuk pakaian Anda yang terkena jamur. Simak artikel ini sampai habis, karena kami akan menjelaskan cara menghilangkan jamur pada pakaian Anda.

 

Ciri-Ciri Pakaian yang Terkena Jamur

Sebelum Anda tahu cara menghilangkan jamur di pakaian, sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu ciri-ciri pakaian yang terkena jamur:

  • Yang pertama bau baju Anda, pakaian yang terkena jamur pasti terdapat bau tanah yang kuat dan apek.
  • Warna pakaian akan berubah tidak seperti awal pertama kali beli pakaian, akan terdapat bintik-bintik hitam dan warna kuning di pakaian.
  • Tekstur pakaian yang terkena jamur pasti akan terasa berbeda.
  • Kulit menjadi gatal, ruam, alergi sewaktu memakai pakaian yang terkena jamur.

 

Baca Juga : Cara Mencuci Jaket Bomber yang Benar

 

Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian

Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian
sumber : silverbobbin.com

 

Jamur dapat dengan mudah muncul jika Anda punya kebiasaan buruk menyimpan baju basah dan kotor terlalu lama di keranjang cucian ataupun di lemari. Akibat dari kebiasaan buruk itu adalah jamur yang membandel dan susah untuk dihilangkan.

Pakaian yang terdampak jamur jangan dianggap remeh, lho! Bisa saja jamur tersebut terkena kulit lalu menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Selain iritasi, jamur juga bisa mengakibatkan alerti, gatal-gatal, bahkan bersin.

Kemunculan jamur di pakaian akan menjadi mimpi buruk untuk Anda yang mengutamakan penampilan yang perfect dan stylish. Dengan adanya jamur di baju Anda akan merusak penampilan baju. Yang semulanya memiliki warna yang indah malah menjadi bintik-bintik hitam yang tidak bisa hilang.

Namun Anda jangan panik, berikut ini adalah cara-cara menghilangkan jamur pada pakaian. Anda dapat sesuaikan dengan memilih salah satu dari berbagai bahan yang akan kami sarankan untuk membasmi jamur.

 

1. Menghilangkan jamur dengan Baking Soda

Cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan baking soda dapat membasmi jamur di pakaian. Baking soda atau soda kue ini memiliki kandungan agen antifungal yang dapat membunuh pertumbuhan jamur. Hal itu sudah dibuktikan bahwa baking soda ini dapat mencegah dan mengurangi pertumbuhan jamur di pakaian.

Baca Juga :   6 Pilihan Bahan Sweater Yang Bagus dan Tebal

Membuat larutan baking soda untuk menghilangkan jamur di pakaian juga cukup mudah lho, Anda dapat mengikuti cara dibawah ini untuk hilangkan jamur dengan baking soda.

  1. Yang pertama adalah larutkan baking soda atau soda kue dengan air secukupnya.
  2. Oleskan larutan baking soda pada pakaian Anda.
  3. Kemudian diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah sudah 15 menit, gosok dengan sikat gigi secara perlahan supaya kain baju Anda tidak rusak.
  5. Bilas dan rendam dengan air.
  6. Lalu lanjutkan proses mencuci baju seperti biasa.

2. Menghilangkan jamur dengan Sitrun

Yang kedua, cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan sitrun. Sitrun merupakan salah satu produk rumah tangga yang populer dan sering digunakan untuk memberikan rasa asam pada makanan. Fungsinya mirip seperti cuka putih.

Namun kali ini sitrun juga mampu untuk menghilangkan noda jamur di pakaian berwarna. Berikut ini adalah caranya untuk hilangkan jamur di pakaian dengan sitrun.

  1. Pertama, larutkan sitrun dengan air panas.
  2. Kemudian rendam pakaian selama 10 menit menggunakan larutan sitrun.
  3. Saat air mudah mulai hangat, kucek pakaian Anda sampai jamurnya hilang.
  4. Setelah mengucek sampai jamurnya hilang, bilas dengan air bersih.

3. Menghilangkan jamur dengan Cuka

Bahan berikutnya adalah cuka. Cuka dinilai dapat membasmi dan membunuh pertumbuhan jamur di pakaian. Cuka merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jamur pada pakaian.

Larutan cuka sudah terbukti mampu dan efektif dapat membasmi jamur yang membandel. Cuka juga sangat aman digunakan pada pakaian jenis apapun, jadi Anda jangan khawatir kalau terjadi apa-apa saat memakai cuka.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah dan simple, kami yakin Anda dapat melakukannya. Berikut ini adalah cara hilangkan noda dengan cuka.

  1. Taruh pakaian yang terkena jamur pada ember yang sudah di isi dengan air.
  2. Tuang segelas cuka pada ember cucian yang berisi air.
  3. Larutkan cuka dengan air dengan cara diaduk perlahan.
  4. Kemudian diamkan dan rendam semalaman.
  5. Setelah sudah direndam semalaman, Anda bisa mencuci baju seperti biasanya.

 

4. Menghilangkan jamur dengan Lemon

Berikutnya adalah cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan lemon. Cara berikut ini juga sudah banyak yang membuktikan bahwa lemon mampu membasmi noda jamur yang membandel pada pakaian berwarna.

Hampir sama fungsinya seperti cuka, lemon memiliki kandungan asam yang membuat bisa menghilangkan pertumbuhan jamur di pakaian. Lemon juga termasuk bahan alami yang tidak menimbulkan kerusakan pada pakaian Anda.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Merawat Kemeja Berbahan Katun

Berikut ini cara menghilangkan jamur di pakaian dengan perasan lemon.

  1. Pertama, siapkan air hangat.
  2. Kemudian tuangkan pada ember berisi pakaian yang berjamur.
  3. Campurkan perasan lemon ke dalam ember.
  4. Rendam pakaian berjamur ke air hangat yang sudah dicampur lemon.
  5. Diamkan selama 30 menit.
  6. Setelah sudah 30 menit, angkat pakaian untuk mengecek apakah jamur sudah hilang. Jika sudah, gosok noda sisa jamur dengan sikat gigi dan sedikit sabun deterjen.
  7. Lalu lanjutkan mencuci baju seperti biasanya.

 

5. Menghilangkan jamur dengan Pemutih

Cara yang terakhir adalah menghilangkan jamur dengan pemutih. Jika Anda memakai pemutih untuk hilangkan jamur, jangan gunakan pada pakaian berwarna. Karena itu akan membuat warna pakaian Anda pudar dan tidak tampak seperti baru lagi.

Metode ini sudah terbukti ampuh membasmi dan membunuh pertumbuhan jamur di pakaian. Dengan cukup dituangkan pada pakaian yang sudah direndam dengan air dan diamkan selama 30 menit.

Maka yang terjadi adalah jamur akan menghilang seiring waktu. Jika ada sisa noda jamur, cukup Anda gosok dengan sikat gigi secara perlahan. Larutan pemutih juga bisa gunakan selain pada pakaian.

 

Baca Juga : Cara Merawat Topi Yang Benar

 

Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur pada Pakaian

Tadi sudah membahas cara menghilangkannya, berikut ini kami berikan tips dan trik mencegah timbulnya jamur pada pakaian Anda:

  • Jangan pernah biarkan baju Anda yang basah tertumpuk terlalu lama.
  • Jika baju masih lembap, segera keringkan dengan setrika sebelum Anda tumpuk dengan baju yang lain.
  • Kosongkan mesin cuci setelah selesai menggunakannya.
  • Langsung jemur baju yang sudah selesai di cuci.
  • Pada musim hujan, cuci baju sedikit demi sedikit untuk menghindari baju basah atau lembap yang bertumpuk di jemuran.

Sebaiknya Anda harus selalu menjaga pakaian agar tetap bersih dan terhindar dari jamur yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Bukan hanya itu saja, jamur juga dapat membuat pakaian menjadi bau yang tidak sedap. Kami harap Anda memperhatikan segala cara yang kami berikan Anda sekeluarga tetap sehat dan bersih.

 

Kesimpulan

Jangan pernah tinggalkan baju Anda yang basah tertumpuk dengan pakaian atau baju yang lainnya. Karena jika begitu, jamur akan bertumbuh sangat cepat di tempat yang lembap. Itu tadi adalah panduan lengkap agar pakaian Anda terhindar dari serangan jamur dan bau yang tidak sedap. Semoga cara yang kami berikan bermanfaat untuk Anda.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

About the author

1 Response
Whatsapp Kami
error: Content is protected !!