+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Sering mendengar istilah seperti waterproof, water repellent, dan water resistant? Ternyata ketiganya itu mempunyai perbedaan dalam tiap istilah. Kalau Anda merupakan pengoleksi jaket anti air atau waterproof, pasti Anda familiar dengan hal ini.

Tapi apakah Anda tahu perbedaan waterproof, water repellent, dan water resistant? Setelah ini Anda akan menemukannya disini. Perlu diketahui dari ketiganya mempunyai makna yang berbeda, jangan disamakan karena sama-sama anti air. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

 

Apa itu Waterproof?

Waterproof mempunyai makna tahan air, kedap air, atau ketahanan terhadap air yang biasanya diukur dalam satuan Ingrees Protection atau disingkat sebagai IP. Sedangkan IP memiliki nilai dua digit, digit pertama menjelaskan ketahanan terhadap benda solid, contohnya tahan debu mempunyai kode 6. Arti kode 6 menunjukkan produk atau barang tersebut tahan terhadap debu.

Sedangkan pada digit kedua mengindikasikan ketahanan terhadap benda cair, contohnya kode 7 artinya benda dapat terendam air sampai kedalaman 1 meter. Jadi jika produk atau barang memiliki label kode IP 67 berarti produk tersebut mampu menahan debu dan air sampai kedalaman 1 meter.

Pada pakaian biasanya waterproof digunakan pada jaket, jas hujan, dan tas. Contohnya jaket waterproof, pakaian ini sangat diminati untuk orang yang suka naik gunung dan berpetualang terutama. Karena dapat menahan dingin, air, dan cuaca yang esktrem dengan jaket waterproof. Menggunakan material waterproof tentunya akan menambah poin plus untuk pakaian.

Baca Juga :   7 Tips Sukses Memulai Bisnis Pakaian Untuk Pemula

 

Apa itu Water Repellent?

Mempunyai jaket anti air sangat penting untuk para pendaki ataupun pengendara motor. Apalagi disaat musim hujan, pastinya akan sangat diperlukan sekali. Ada banyak jaket yang beredar selain waterproof juga ada yang namanya water repellent.

Water repellent adalah kain tekstil yang memiliki sifat hidrofobik atau kemampuan menolak air. Proses pembuatan kainnya juga sangat ketat karena menggunakan bahan kimia dan zat-zat, namun kelemahannya sifat menolak airnya tidak selamanya.

 

Apa itu Water Resistant?

Water resistant merupakan tingkat ketahanan air yang paling rendah jika dibandingkan dengan waterproof dan water repellent. Water resistant biasanya terdapat pada produk jam tangan contohnya.

Fungsi dari water resistant hanya untuk menahan air supaya tidak tembus, sehingga dapat menjaga ketahanan produk saat terkena cipratan air. Contohnya saat hujan dengan intensitas rendah seperti gerimis. Jika ada terpaan air yang deras atau mungkin tenggelam dalam air, water resistant tidak mampu menahannya.

Dapat disimpulkan, perbedaan antara waterproof dan water resistant ialah tingkat teknologi dalam ketahanan air, di mana waterproof dapat menjamin tahan air, sedangkan water resistant hanya percikan air yang kecil saja.

 

Perbedaan Waterproof, Water Repellent dan Water Resistant

perbedaan waterproof dan water resistant

 

Ketika sudah mempelajari artinya, dan sudah tau bahwa perbedaannya hanya di teknologi kainnya saja yang membuat mampu menahan air. Di bawah ini adalah perbedaan waterproof dan water resist, perbedaan waterproof dan water repellent, serta perbedaan antara ketiganya :

Baca Juga :   Rekomendasi Vendor Seragam Kantor Murah dan Bergaransi

 

Waterproof

  1. Memiliki tingkat ketahanan air paling tinggi.
  2. Dilapisi material coating pelindung dari air atau cairan.
  3. Sepenuhnya kedap air dan tidak dapat ditembus air.
  4. Biasa ditemukan pada jaket gunung, ponsel, kamera.

 

Water Repellent

  1. Mempunyai lapisan coating yang mampu menahan air tapi tidak setebal waterproof.
  2. Tidak sepenuhnya kedap air dan tidak dapat ditembus air.
  3. Tidak selamanya mampu menahan air.
  4. Biasa ditemukan pada jaket, tas, dan aksesoris mobil.

 

Water Resistant

  1. Mempunyai tingkat ketahanan air paling rendah.
  2. Cuman tahan terhadap percikan air.
  3. Memiliki lapisan pelindung air yang tipis.
  4. Biasa ditemukan pada jam tangan.

 

Kesimpulan

Nah gimana? Sekarang sudah tahu bahwa anti air jenisnya bukan cuman waterproof tapi juga ada water repellent, dan water resistant. Perbedaan dari ketiganya juga sudah sangat jelas dan dijelaskan secara ringkas serta tidak panjang-panjang. Semoga bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan terhadap jenis anti air.

Untuk Anda yang ingin buat jaket anti air, kami bisa bantu Anda. Kami adalah konveksi jaket yang sudah berpengalaman sejak 2011 dalam pembuatan jaket. Jadi tidak usah khawatir tentang kualitasnya, pasti terjamin dengan baik.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

About the author

Falentino Rosi adalah seorang SEO Specialist and Web Developer di Lunar Garment yang dimana bertanggung jawab atas SEO dan website dari Lunar Garment.
Whatsapp Kami
error: Content is protected !!