+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami
Cara Merawat Topi Agar Tidak Cepat Rusak
sumber : istockphoto.com

 

Topi itu membuat pria itu terlihat keren. Namun, karena hanya sebagai pelengkap fashion, kamu tidak boleh sering-sering memakai atau mencuci topi. Supaya topi tetap segar dan tahan lama, kamu tetap perlu merawatnya. Jangan sampai kamu sembarangan dalam merawat topimu. Pasalnya, topi memiliki bahan yang lebih kompleks dibandingkan pakaian biasa seperti kemeja dan celana. Jadi jangan sampai topi kamu secara tidak sengaja rusak saat merawat atau mencuci.

Memakai topi adalah salah satu hal penting untuk melindungi rambut dari terik matahari, dan juga merupakan elemen yang menambah gaya pada mode sehari-hari pengguna karena malas menata rambut. Topi sendiri bisa dipakai oleh wanita/pria dari segala usia, dari anak-anak hingga dewasa.

Nah berikut ini kami akan rangkumkan informasi tentang bagaimana cara merawat topi agar tidak cepat rusak dan awet selalu. Simak baik-baik yaa, jangan sampai kelewatan.

 

1. Jangan mencuci pakai mesin cuci

Menghindari Mencuci Topi Dengan Mesin Cuci
sumber : beezly.com

 

Untuk topi seperti snapback atau topi trucker memiliki lidah topi yang keras. Karena itu, hindari mencuci topi menggunakan mesin cuci. Jika kamu mencuci pakai mesin cuci, bagian topi yang keras akan bertabrakan dengan pemutar mesin cuci. Sehingga dapat merusak topi kesayangan kamu dan mengakibatkan bagian topi yang keras menjadi tidak keras lagi karena dicuci menggunakan mesin cuci. Cara mencuci yang paling benar dan cocok untuk topi adalah mencuci dengan tangan.

Baca Juga :   Hasil Konveksi Topi Rimba Custom

 

2. Mencuci manual menggunakan sikat kecil

Mencuci Menggunakan Sikat Kecil
sumber : artofmanliness.com

 

Cara merawat topi yang kedua adalah dengan cara mencuci manual menggunakan sikat kecil. Karena jenis topi seperti snapback, baseball, trucker sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Kamu bisa mencucinya secara manual dengan cara menggosok sisi topi yang kotor memakai sikat kecil. Menyikat topi dengan sikat kecil akan membuat topi tidak cepat rusak. Cara menyikatnya haruslah dengan perlahan dan secara halus agar serat topi tidak rusak.

 

3. Hindari menjemur topi di bawah sinar matahari langsung

Menghindari Menjemur Topi Dibawah Matahari
sumber : shopee.co.id

 

Setelah topi sudah dicuci, jangan jemur topi di bawah sinar matahari langsung. Apalagi jika topi tersebut memiliki warna yang mencolok. Pasalnya, panas dari sinar matahari bisa memudarkan warna topimu. Hindari juga mengeringkan topi dengan pengering yang ada di mesin cuci. Karena pengering yang berputar dapat merusak bagian topi yang keras. Sebaiknya cukup kamu angin-anginkan saja di teras rumahmu. Dengan begitu warna dari topi kamu akan tetap terjaga dengan baik dan seperti topi baru.

 

4. Simpan di tempat yang tepat

Menyimpan Topi ditempat Yang Tepat
sumber : rd.com

 

Saat topi tidak digunakan, perhatikan juga tempat untuk menyimpan topi. Jangan menyimpan topi di lemari dengan pakaian yang lainnya. Hal ini bisa membuat topi menjadi rusak karena tertindih banyaknya pakaian yang ada, akibatnya topi akan cepat rusak. Sangat disarankan untuk menyimpan topi di rak topi khusus, atau cukup di gantung di gantungan topi. Supaya topi terkena aliran udara untuk mencegah dari kelembaban.

Baca Juga :   Bahan Jaket Waterproof Terbaik

 

5. Langsung mencuci topi jika terkena noda

Langsung Mencuci Noda Yang ada di Topi
sumber : id.wikihow.com

 

Cara merawat topi yang terakhir adalah langsung membersihkan topi jika terkena noda. Memang benar topi sangat jarang kotor jika dipakai dengan benar. Tapi, tidak jarang topi terjatuh secara tidak sengaja saat dipakai. Jika topi jatuh ke dalam lumpur, kamu harus sangat berhati-hati membersihkannya agar tidak meninggalkan kotoran.

Bersihkan topi segera sebelum noda mengering. Caranya cukup dengan mengoleskan noda dengan sabun cuci pakaian atau sabun cuci piring. Kemudian, sikat perlahan dengan sikat gigi hingga bersih, lalu bilas dengan air biasa. Jika noda sudah kering, rendam dalam larutan deterjen. Setelah direndam selama sekitar satu jam, gosok topi dengan sabun dan sikat.

 

Kesimpulan

Cukup simple bukan merawat topi? Berikut tadi adalah 5 cara merawat topi agar topi tidak cepat rusak. Jika kamu adalah penggemar atau pengoleksi topi, kamu wajib tahu ke 5 hal ini untuk menjaga dan merawat topi kamu dengan baik. Jangan sampai kamu merawat topi kamu dengan cara yang salah dan mengakibatkan topi cepat rusak.

Untuk kamu yang ingin buat topi custom dengan desain sendiri, kamu bisa membuatnya di konveksi topi surabaya yang sudah sering membuat topi dan sudah dipercaya membuat topi dari 2011. Bisa langsung hubungi nomor WA kami di WA 0895-8008-60000.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

 

About the author