+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Mencuci baju adalah hal yang membosankan dan capek karena menggunakan tangan. Mesin cuci mungkin bisa menjadi pilihan untuk membantu mencuci baju. Namun, ada beberapa jenis kain yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci. Seperti kain sutra, polyester, rayon, brokat, bludru, dan kulit tidak disarankan menggunakan mesin cuci.

Seringkali kita enggan untuk mencuci baju dengan tangan dan akhirnya memilih untuk memakai jasa pencuci pakaian. Padahal menggunakan jasa pencuci pakaian belum tentu keawetan dari baju Anda akan terjaga. Dan juga mengeluarkan biaya yang banyak untuk membayar jasa pencuci pakaian.

Sebenarnya kalau kita mencuci baju sendiri dengan tangan itu banyak untungnya lho. Yang pertama, Anda tidak perlu keluar banyak uang untuk jasa pencuci baju. Kedua, Anda bisa memperhatikan keawetan dari baju Anda. Ketiga, bisa dilakukan dengan santai dan kapan saja. Yang pasti mencuci baju yang benar dengan tangan dapat membantu agar baju kesayangan Anda tidak cepat rusak.

Buat Anda yang belum terbiasa mencuci baju sendiri, di artikel ini akan kami berikan 9 cara mudah mencuci baju yang benar menggunakan tangan. Simak 9 cara tersebut dibawah ini.

 

Baca Juga : 5 Tips Cara Merawat & Mencuci Hoodie biar Gak Cepat Rusak

 

Cara Mencuci Baju Yang Benar

Cara Mencuci Baju Yang Benar Dengan Tangan
sumber : goodhousekeeping.com

 

1. Pisahkan Baju Berdasarkan Kain dan Warna

Cara mencuci baju yang benar dengan tangan adalah memisahkan baju berdasarkan jenis kain dan warna. Tujuannya adalah agar baju Anda tidak cepat rusak dan warnanya tidak pudar. Mencuci sendiri apapun yang diwarna dengan warna cerah atau gelap untuk menghindari baju putih terkena noda luntur.

Hindari juga untuk mencuci denim yang berat bersamaan dengan kain wol dan sutra yang halus. Karena bisa merusak kain dari pakaian Anda. Cara memisahkannya adalah dengan menyiapkan dua ember. Ember yang pertama untuk baju warna cerah, dan ember kedua untuk baju warna gelap. Selain memisahkan baju, Anda bisa mencuci pakaian dalam dan kaos kaki secara bersamaan.

 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian

 

2. Perhatikan Label Perawatan Kain pada Baju

Sebelum mencuci baju, sebaiknya Anda membaca label perawatan yang menempel pada bagian dalam baju. Biasanya menempel pada bagian dalam kerah. Mematuhi setiap peringatan dan saran dalam label perawatan ini akan membantu memudahkan Anda dalam menjaga keawetan baju.

Banyak orang yang melewatkan untuk melihat label perawatan karena menurut mereka setiap kain mempunyai ciri yang sama. Padahal setiap jenis kain memiliki cara mencuci yang berbeda-beda. Ketika Anda tidak memperhatikan label perawatan kain pada baju, yang terjadi adalah baju Anda cepat rusak dan tidak bertahan lama. Jangan sampai kelewat untuk melihat label perawatan kain ya teman-teman.

Baca Juga :   5 Teknologi Terkini yang Populer di Bidang IT

 

3. Pakai Deterjen Bubuk atau Cair?

Ketika mencuci baju, ada dua hal yang harus Anda perhatikan saat memilih deterjen. Yang pertama, jika Anda cuman mencuci kaos dan baju rumah lainnya, Anda bisa memakai deterjen yang bubuk. Kedua, jika Anda mencuci baju yang mahal seperti dress, gaun, Anda bisa memakai deterjen cair. Karena deterjen cair lebih ramah lingkungan dan lebih ramah untuk baju mahal Anda.

Kedua jenis deterjen ini memiliki kelebihan dan kekurangan juga. Contohnya deterjen bubuk lebih baik dalam membersihkan kotoran pada baju karena mengandung banyak bahan kimia. Sedangkan deterjen bubuk tidak banyak mengandung bahan kimia, lebih ramah lingkungan dan cocok untuk menghilangkan noda minyak. Anda bisa menyesuaikan sesuai baju apa yang Anda cuci.

 

4. Bersihkan Noda Baju

Jika bajumu terdapat noda, langkah pertama sebelum mencucinya adalah mengatasi bekas noda dengan penghilang noda cucian. Ada banyak cara untuk menghilangkan noda pada baju. Namun, cara yang terbaik adalah dengan mengoleskan cairan penghilang noda pada tempat yang bernoda. Agar tidak luntur dan tidak rusak, Anda bisa menguji cairannya dulu dengan mengoleskan pada bagian dalam baju supaya tahu ketahanan warna dari baju tersebut. Tidak disarankan menggunakan cairan penghilang noda secara terus-menerus.

 

5. Mengisi Bak Cuci dan Tambahkan Deterjen

Cara mencuci baju yang kelima adalah mengisi bak cuci dan menambahkan deterjen. Jika Anda ingin kebersihan yang optimal, pakailah bak cuci yang sesuai dengan jumlah baju yang Anda cuci. Karena ketika mencuci perlu tersedia cukup ruang bagi pakaian untuk bergerak dan berputar bebas di air. Bak cuci yang Anda pilih juga harus bersih dan bebas dari sisa kotoran, sisa sabun, sisa makanan.

Isi bak cuci dengan air yang dingin. Dengan air yang dingin dapat menjaga keawetan dari serat kain setiap pakaian. Kemudian Anda bisa menambahkan deterjen saat mengisi bak cuci. Air yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak sampai tumpah ke lantai, cukup sampai baju terendam dengan baik. Setelah itu Anda bisa mulai mencuci baju dengan tangan.

 

6. Kucek atau Sikat Baju Sampai Bersih

Selanjutnya adalah kucek atau sikat baju sampai bersih. Dapat mengucek dengan tangan untuk baju yang tidak terlalu kotor agar dapat menjaga baju tetap awet. Jika baju sangat kotor dan terdapat noda membandel, bisa memakai sikat untuk membersihkan.

Proses mengucek dan menyikat merupakan hal yang sederhana. Namun jika caranya salah juga bisa membuat baju cepat rusak. Ketika mengucek atau menyikat, lakukanlah dengan perlahan dan jangan terlalu memaksa permukaan kain. Kalau terlalu memaksa, akan merusak serat kain dan baju akan cepat sobek.

Baca Juga :   5 Jenis Bahan yang Bagus untuk Membuat Kemeja

 

Baca Juga : Cara Mencuci Jaket Gunung yang Benar

 

7. Merendam Baju

Dalam merendam baju, pastikan sampai baju sampai tertutup busa deterjen. Kucek sebentar sebelum direndam, agar cairan deterjen masuk ke serat kain lebih cepat. Kemudian Anda bisa tinggalkan selama 30 menit. Kalau baju Anda memiliki noda yang membandel, bisa Anda rendam selama 1 jam. Jangan sampai merendam lebih dari 1 jam atau selama seharian. Karena itu dapat mempengaruhi keawetan baju dan warna baju. Jika terlalu lama direndam, yang terjadi adalah baju cepat sobek dan warna cepat pudar karena cairan kimia deterjen.

 

8. Membilas dan Memeras Baju

Sesudah merendam baju di bak cuci. Kuras air dari ember atau bak cuci yang digunakan untuk mencuci baju. Setelah itu isi bak cuci dengan air bersih untuk membilas cucian. Gunakan tangan untuk membilas pakaian selama satu menit atau lebih dan ulangi prosesnya. Untuk menghilangkan semua busa dan detergen yang ada mungkin diperlukan beberapa kali pengulangan untuk kain yang tebal, namun jika kain tipis cuman 1 atau 2 kali sudah bersih.

Peras airnya setelah detergen dan busa hilang, Anda bisa tekan dan remas kain untuk menghilangkan air yang masih menyerap di kain. Lakukan cara memeras baju ini dengan perlahan dan tidak dengan sekuat tenaga. Jangan sampai memuntir, menarik, atau meremas kain basah terlalu keras, karena dapat merobek bahan yang halus dan dapat menjadikan baju Anda melar.

 

9. Menjemur Baju Dengan Benar

Selanjutnya Anda dapat menjemur baju. Anda bisa menggantung baju yang ringan seperti kaos, kemeja, kaos kaki, di tali jemuran. Sebelum digantung, Anda dapat goyang-goyangkan atau dikibaskan baju Anda. Atau bisa juga menggunakan pengering pada mesin cuci agar lebih cepat kering.

Berbeda dengan pakaian berat seperti denim, jeans, jaket, sweater yang harus diletakkan pada permukaan yang rata agar kering. Selain itu tidak menggantung pakaian berat akan membuat pakaian tetap pada bentuk awal setelah kering.

Saat menjemur juga harus memperhatikan jam dan tempat saat menjemur. Jangan sampai langsung terkena sinar matahari yang terik dan panas. Jika terkena panas matahari yang terik, warna baju akan menjadi pudar karena panasnya. Dan juga dapat mempengaruhi dari keawetan baju Anda.

 

Kesimpulan

Itu tadi adalah 9 cara mencuci baju yang benar dengan tangan. Anda bisa praktekkan dengan mudah, apalagi untuk Anda yang baru-baru ini memulai mencuci baju sendiri. Cara-cara tadi jangan dilewatkan kalau ingin baju Anda awet dan warna dari kainnya tetap terjaga. Semoga dengan 9 cara tadi dapat membantu Anda dalam mencuci sendiri dirumah. Terima kasih sudah membaca dan nantikan artikel berikutnya dari Lunar Garment.

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

 

About the author

1 Response
error: Content is protected !!