+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Bisnis pakaian memang merupakan bisnis yang tidak pernah ada habisnya. Karena di pasar online, produk pakaian menjadi top seller setiap tahun. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan akan produk fashion di Indonesia semakin meningkat. Meski tingkat keberhasilan di industri pakaian tampak cerah, kemungkinan gagalnya bisnis ini juga bisa muncul.

Namun, yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis ini ada hal yang harus diperhatikan yaitu fashion akan cenderung berubah dalam waktu singkat. Dan masih banyak faktor lain yang menyebabkan bisnis pakaian ini menjadi berhenti ditengah jalan.

Kali ini kami akan berikan tips agar kamu sukses dalam bisnis pakaian, sangat penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri dengan baik dan benar. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memulai bisnis pakaian bagi pemula.

 

Cara Memulai Bisnis Pakaian

Cara Memulai Bisnis Pakaian Bagi Pemula
sumber : retaildesignblog.net

 

Untuk memulai bisnis pakaian tidak boleh asal-asalan. Sangat penting untuk tahu cara-cara yang tepat untuk memulai dan melakukannya dari awal. Jika salah sedikit saja, bisnis kamu bisa terhenti di tengah jalan. Kamu tentunya tidak ingin hal ini terjadi pada bisnis kamu bukan? Berikut ini kami berikan tips-tipsnya.

 

1. Lakukan Riset Produk yang Akan di Jual

Melakukan Riset Pakaian Yang Akan Dijual
sumber : startupdonut.co.uk

 

Melakukan riset produk yang akan dijual merupakan langkah awal dalam menentukan produk yang akan kamu jual. Langkah ini sangat penting karena kamu tidak bisa hanya memilih produk yang ingin kamu jual saja. Tetapi ada hal-hal yang harus kamu riset terlebih dahulu, seperti melihat minat pelanggan lebih tertarik pada produk apa.

Selain itu, kamu tidak bisa hanya memilih produk berdasarkan asumsi pribadi. Kamu sangat membutuhkan data berdasarkan kondisi pasar. Baru setelah itu, produk yang kamu pilih akan diterima pasar.

Kami dapat memberikan cara yang bisa kamu lakukan, yaitu yang pertama adalah mengecek trend pakaian yang populer terlebih dahulu. Mengeceknya bisa memakai google trends, social media. Yang kedua kamu bisa membuat survei konsumen yang berada di online shop atau membuat survei melihat dari data produk apa yang paling laku dan banyak orang tertarik.

 

2. Menentukan Pelanggan yang Akan Dijangkau

Menentukan Pelanggan
sumber : curatti.com

 

Baca Juga :   6 Pilihan Bahan Topi yang Bagus dan Terbaik

Hal kedua yang perlu kamu tentukan dan rencanakan adalah target pelanggan kamu. Identifikasi pelanggan atau target pasar yang kamu bidik untuk membeli pakaian yang akan dijual, apakah mereka orang kelas atas, menengah, atau menengah bawah. Atau mungkin dewasa, anak-anak, remaja maupun wanita muslimah.

Penting untuk menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum memasarkan produk, agar produk yang kamu tawarkan akan selalu menarik minat pembeli. Yang pada akhirnya mereka akan terus membeli produk pakaianmu dan menjadi pelanggan setia bisnis kamu.

Menentukan target pasar juga bisa dilakukan dengan berbicara langsung dengan calon pelanggan. Untuk itu, cobalah meminta saran fashion dari teman atau kolega terdekat kamu. Produk pakaian apa yang mereka butuhkan dan sukai? Berapa harga wajar produk tersebut? Apakah beberapa warna pilihan mereka?

 

3. Membuat Rencana Bisnis

Membuat Rencana Bisnis
sumber : hashmicro.com

 

Setelah menentukan produk bisnis kamu, menentukan pelanggan, kamu sekarang perlu mengembangkan rencana bisnis yang lebih spesifik. Sebuah rencana bisnis dapat dianggap sebagai konsep bisnis kamu. Rencana bisnis ini nantinya akan menjadi panduan kamu dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, kamu tidak boleh melakukannya sembarangan. Contohnya seperti brand kamu seperti apa, mempersiapkan dana yang akan diperlukan, dan banyak lainnya.

 

4. Mempersiapkan Produk

Mempersiapkan Produk Pakaian
sumber : edukasi.kompas.com

 

Produk pakaian kamu dengan baik dan benar merupakan hal yang penting. Agar produk kamu tetap kompetitif, bisa dengan menawarkan pembaruan dan manfaat sebanyak mungkin yang tidak dimiliki pesaing kamu. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menghadirkan produk asli yang berkualitas. Untuk mendapatkan produk yang original tentunya kamu perlu memikirkan desain produk, memilih bahan yang berkualitas dan mulai mencari produsen untuk membuat produk kamu.

Menciptakan produk berkualitas tinggi dimulai dengan desain. Berbekal riset dan pengetahuan produk, kamu bisa menciptakan produk yang akan disukai dan dinikmati banyak orang. Salah satu hal yang membedakan produk kamu dari pesaing dapat ditemukan dalam karakteristik atau ciri khas yang unik dari suatu produk. Ciri khas inilah yang akan memudahkan pembeli untuk mengingat dan mengenali produk kamu.

 

5. Membuat Branding untuk Produk

Branding Produk Pakaian
sumber : mldspot.com

 

Membangun branding untuk bisnis kamu adalah salah satu hal yang sangat penting. Tidak hanya memudahkan dalam mencari pembeli, tetapi juga memudahkan dalam mempromosikan produk kamu. Tingkat branding yang tinggi tidak hanya dipengaruhi oleh layanan dan kualitas barang yang dijual, tetapi juga oleh merek dengan nama yang mudah diingat. Jika pembeli kesulitan mengingat nama brand, bisnis pakaian kamu bisa tenggelam dalam banyaknya pesaing.

Baca Juga :   Contoh Desain Konveksi Jaket Amdrill HMA AKutansi UNAIR

Tidak hanya branding saja, tetapi kamu harus mempunyai logo untuk brand kamu. Karena memang desain logo brand tidak bisa dianggap sepele. Logo brand bisa disebut sebagai cerminan atau konsep bisnis kamu. Diluar sana kamu mungkin pernah mendengar tentang perusahaan yang mendesain ulang logo mereka untuk menyampaikan visi baru dan citra baru yang diinginkan pelanggan. Penelitian menunjukkan bahwa 93% logo merek top dunia memiliki desain yang sederhana. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengingat dan mengenali brand bisnis mereka.

 

6. Membuat Lapak Offline/Online

Membuat Toko Online
sumber : clodeo.com

 

Jika toko pakaian kamu ingin dikenal sebagai toko pakaian terkenal, kamu bisa mengambil langkah ini untuk mendirikan lapak atau membuka toko pakaian dan memikirkan konsep toko pakaian seperti apa yang ingin kamu buat. Ketika kamu ingin membuat toko online, buat beberapa kategori pakaian dan berikan penjelasan yang berisi deskripsi produk. Deskripsi produk yang jelas membantu pembeli membuat pilihan dan membangun kepercayaan.

Bisa juga menggunakan website yang menarik dan mudah diakses, karena dijaman sekarang sudah pasti kamu harus punya website toko onlinemu sendiri supaya orang juga bisa mencarinya lewat website. Membuka toko baju offline pasti akan mengeluarkan biaya lebih karena harus membayar sewa toko, listrik, pegawai, dll. Untuk mengatasi masalah ini dan menarik lebih banyak pembeli ke toko pakaian kamu, kamu dapat membuka toko pakaian online melalui situs web kamu atau hanya menjual pakaian melalui media sosial.

 

7. Buat Promosi Produk yang Menarik

Membuat Promosi Online
sumber : cgifurniture.com

 

Langkah ini merupakan langkah terakhir dan harus dilakukan secara rutin. Apa tujuannya? Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan produk bisnis. Mengiklankan produk kamu secara online akan membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan. Juga dengan bantuan beberapa alat pemasaran populer. Promosi kamu bisa langsung muncul di target pasar yang tepat.

 

Kesimpulan

Dari sekian banyak peluang yang ada dalam bisnis, hal terpenting yang perlu dilakukan bisnis adalah pantang menyerah. Tidak ada yang seperti menumbuhkan bisnis sederhana dan menghasilkan banyak keuntungan. Bisnis yang menghasilkan keuntungan dan penjualan yang besar adalah bisnis yang dijaga dengan pendirian yang teguh.

 

Terima Kasih sudah membaca artikel kami 😀

 

KONVEKSI SURABAYA LUNAR GARMENT

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

About the author

Whatsapp Kami
error: Content is protected !!