+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Ternyata Beginilah Proses Produksi Pakaian Berkualitas!

Di balik pakaian yang kita pakai sehari-hari, ada beberapa proses produksi pakaian yang harus dilakukan dan dilalui oleh produsen garmen. Langkahnya juga rumit, membutuhkan banyak pihak, atau tidak bisa dilakukan sendiri. Pada titik ini, jika Anda berpikir untuk memulai bisnis di dunia fashion dan ingin memproduksi semuanya sendiri, Anda perlu tahu bagaimana melakukan proses ini atau langkah apa yang perlu Anda lalui untuk membuat pakaian Anda.

Pakaian terbuat dari kain yang dihubungkan dengan jahitan. Berbagai jenis kain digunakan untuk membuat pakaian. Ada kain tenun, kain linen, kain sutra, kain flanel dan lainnya. Setiap jenis kain memiliki karakteristiknya masing-masing dan harus disesuaikan dengan jenis dan fungsi garmen yang akan dijahit. Misalnya, wol digunakan untuk membuat pakaian musim dingin karena memiliki bahan yang tebal.

 

Persiapan Sebelum Tahap Produksi

Sebelum melanjutkan ke setiap tahap proses produksi, ada baiknya untuk mengetahui persiapan apa yang perlu Anda lakukan sebelum memulai produksi.

 

1. Mencari inspirasi Desain Pakaian

Saat pertama kali yang harus kita lakukan adalah kita harus tahu terlebih dahulu kita mau buat pakaian yang seperti apa, agar tidak perlu memakan banyak waktu saat sudah menemukan konveksi atau garment yang akan membuat pakaian kita. Tidak harus mendesain secara detail tapi kita bisa memberikan desain bordirnya atau tata letak pakaiannya seperti apa.

2. Cari Tahu Bahan yang Cocok untuk Pakaian Anda

Selain menentukan desain dari pakaian anda, hal yang harus disiapkan adalah bahan yang cocok dan berkualitas untuk pakaian yang akan anda buat nantinya. Jika anda ingin tahu bahan apa saja yang cocok untuk pakaian anda, bisa untuk mengunjungi lunartextile.com agar bisa dipilihkan bahan yang cocok untuk pakaian anda.

Baca Juga :   Jenis Topi Bahan Rafel

3. Mencari Konveksi atau Garment yang Terpercaya

Yang pastinya adalah mencari konveksi atau garment yang terpercaya untuk membuat pakaian yang akan kita buat. Bisa dilihat dari company profile dan hasil produksi dari sebuah konveksinya. Mulai dari jahitan, bordir, sablon, hingga ke pelayanannya harus perlu diperhatikan agar kita tidak kecewa saat pakaian sudah jadi.

4. Membuat Perencanaan yang Matang

Perencanaan di sini memiliki arti yang luas, mulai dari perencanaan bisnis, biaya, produksi hingga perencanaan penjualan, strategi bisnis yang akan Anda gunakan, serta menentukan tujuan yang akan Anda dan tim Anda capai. Setelah semua persiapan sudah anda lakukan, kita masuk ke proses selanjutnya yaitu bagaimana proses produksi dari kain sampai akhirnya bisa menjadi sebuah pakaian yang siap dipasarkan atau digunakan.

Proses Produksi Pakaian

Langkah-langkah di bawah ini adalah proses pembuatan pakaian dan Anda dapat mencoba untuk melihat langkah-langkah dalam proses produksi ini.

 

1. Membuat Desain Fix

Desain Pakaian
sumber : markey.id

 

Buat desain pakaian yang akan kamu buat. Carilah inspirasi busana sebanyak-banyaknya, jadikan sebagai referensi kemudian buatlah desain sesuai keinginan Anda dan yang terpenting sesuai dengan konsep bisnis Anda dan memiliki ciri khas yang dapat mewakili brand Anda.

 

2. Memilih Bahan yang Akan Dipakai

Memilih kain yang tepat
sumber : homelane.com

 

Carilah bahan baku yang berkualitas agar pakaian yang Anda hasilkan banyak diminati masyarakat. Tidak hanya tertarik pada warna atau desain yang indah dan unik, tetapi juga dikenal dan dihargai karena kualitasnya yang baik.

 

3. Membuat Tech Pack/Form Approval

Tech pack
sumber : designdirectory.com

 

Untuk membuat produksi pakaian Anda lebih rapi, menghemat waktu, tenaga dan biaya, Anda harus mencoba membuat Tech Pack/Form approval. Jadi semua kebutuhan produksi Anda secara lengkap mulai dari bahan yang digunakan, warna, aksesoris hingga hang tag juga akan disertakan dalam Tech Pack.

 

Baca Juga :   Vendor Jaket Coach | Konveksi Surabaya Lunar Garment

4. Membuat Pola Pakaian

Membuat pola
sumber : fashioninsiders.co

 

Pembuatan pola juga harus dipastikan sudah sesuai dengan ukuran yang akan brand kamu gunakan, apakah ukuran lokal atau international. Jika Anda juga ingin membuat ukuran standar selain ukuran yang ada, pastikan untuk menyertakan detail ukuran pola Anda, panjang baju nya, lingkar dada, lingkar pinggul, lingkar panggul, lebar bahu, dll.

 

5. Mulai Produksi

jahit
sumber : thesprucecrafts.com

 

Ketika semua persiapan sudah siap dan matang, tunggu apa lagi, ayo segera mulai mengerjakan produksi pakaian Anda. Tetap memperhatikan kualitas pengerjaan dalam produksi pakaian Anda, tidak meninggalkan komponen apa pun atau mungkin menggunakan bahan yang tercampur atau tidak tepat. Karena jika terjadi kesalahan atau tertukar akan mengganggu produksi garmen dan jadwal produksi Anda bisa berantakan.

 

6. Quality Control

quality control
sumber : hnmfashionbd.com

 

Proses produksi selesai, jangan sampai di situ, cek kualitasnya, pastikan semua part aman, tidak ada cacat atau cacat pada produk Anda. Ingatlah bahwa kualitas produk Anda sangat penting, karena kualitas yang baik juga menciptakan merek yang baik.

 

Kesimpulan

Sebuah proses produksi memang tidak mudah, banyak tahapan dan pekerjaan persiapan yang harus dilakukan, namun jika dipersiapkan dengan matang terlebih dahulu, tentunya Anda tidak perlu khawatir lagi dengan proses yang rumit.

Kerjasama yang baik antara Anda sebagai pemilik bisnis dan juga orang yang memiliki otoritas penuh dalam proses produksi garmen sangat diperlukan, semua informasi produksi perlu dikomunikasikan dengan benar untuk menghindari kesalahan. Semoga informasi dalam postingan ini bermanfaat.

Untuk anda yang ingin membuat pakaian, Konveksi Surabaya kami dapat membantu kebutuhan garmen anda. Cukup untuk menghubungi kami dinomor WA 0895800860000.

 

Lunar Garment

Alamat : Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Telp/WA : 0895800860000
Instagram : lunargarment

 

About the author