Apa Itu Kain Brokat? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Pengertian Kain Brokat – Kain Brokat adalah kain tenun yang dekoratif dan terbuat dari sutra berwarna, dengan tanpa benang emas dan perak. Karena penampilannya yang menarik, bahan ini biasanya menjadi bahan utama pembuatan kebaya.

Kebaya tidak hanya identik dengan orang tua, tetapi anak muda juga sering menggunakan kebaya. Jenis kebaya yang dianggap rumit atau tidak sederhana menjadi sesuatu yang mempunyai etnik, keunikan dan keanggunan sehingga menarik.

Kain brokat biasanya menghadirkan banyak corak rumit seperti bunga, tumbuhan dan berbagai elemen alam lainnya. Namun karena tekstur bahan brokat cenderung keras dan dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, maka kain harus selalu dilapisi dengan furing.

Jenis-Jenis Bahan Brokat

sumber : tokopedia.com

Jenis kain brokat ada banyak sekali yang ada di Indonesia saat ini. Hal ini membuat para penikmat busana klasik semakin bingung. Dari harga ekonomis hingga harga yang membutuhkan uang ekstra, kini Anda bisa menemukan banyak brokat populer di Indonesia.

1. Brokat Semi Prancis

sumber : imanggoshop.com

Brokat semi Prancis juga bisa disebut tiruan brokat Prancis, tetapi teksturnya lebih keras daripada brokat Prancis. Tekstur kainnya halus, tidak melar dan tidak terlalu timbul. Meski kualitasnya lebih rendah dari brokat Prancis, banyak perancang busana juga menggunakan bahan ini sebagai bahan pakaian yang mahal.

2. Brokat Prancis

sumber : shopee.co.id

Brokat Perancis merupakan kain dengan tekstur lebih rapat sehingga tidak perlu ada lapisan tambahan. Memiliki permukaan bahan yang lembut serta tidak membuat gatal atau panas pada kulit saat dipakai.

Kain ini merupakan bahan yang paling mahal daripada lainnya, karena memiliki kualitas paling bagus. Inilah kenapa harga brokat Prancis juga paling mahal.

3. Brokat Prada

sumber : shopee.co.id

Kain brokat prada memiliki tekstur yang timbul dan tegas yang memberikan kesan mewah saat dilihat. Merupakan kualitas yang paling bagus untuk anda yang ingin baju berkualitas bisa dengan bahan ini.

Dari segi berat, kain ini bisa mencapai 500 gram. Kemudian untuk warna, satu brokat Prada bisa berisi 1-3 warna. Bahan ini biasa digunakan untuk kebaya wisuda, gaun pengantin, hingga dress pesta.

 

Baca Juga : Jenis Furing Yang Cocok Untuk Kebaya

 

4. Brokat Corneli

sumber : bukalapak.com

Jenis kain brokat ini termasuk jenis kain yang banyak diminati karena harganya yang terjangkau dan nyaman digunakan. Mempunyai permukaan benang yang timbul, serta halus dan lentur saat dipakai. Benang tersebut biasa disebut dengan chord.

5. Brokat Jepang

sumber : shopee.co.id

Brokat Jepang adalah sejenis brokat yang memiliki ciri khas motif bunga yang tersebar di seluruh kain. Pola garis pada brokat Jepang biasanya tidak terlalu besar, dan lebar kainnya sangat pendek. Ciri khas brokat Jepang yang sederhana sangat cocok digunakan pada kebaya wisuda.

Cara Merawat Bahan Brokat

Agar pakaian brokat anda awet dan dapat digunakan dengan baik, harap pastikan anda menggunakan metode perawatan yang benar. Maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawatnya :

  1. Jika ingin membersihkan pakaian brokat, hindari menggunakan mesin cuci. Sebagai gantinya, Anda bisa merendam pakaian selama 10 menit lalu mencuci tangan secara manual.
  2. Jika pakaian brokat kotor, gunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan noda, lalu rendam dalam deterjen.
  3. Jangan langsung keringkan pakaian brokat anda di bawah sinar matahari langsung untuk menghindari warna menjadi pudar.
  4. Hindari pemakaian setrika untuk merapikan pakaian brokat anda. Karena agar menjaga tekstur dari bahan brokatnya tidak rusak.
  5. Jangan mengucek pakaian brokat terlalu keras. Cukup diperas saja dan bilas sampai bersih, hingga tidak ada bekas sabun.

Sekian untuk artikel kali ini semoga dengan membaca ini dapat menambah ilmu lebih lagi untuk mengenal macam-macam kain yang ada diluar sana. Jika anda ingin membuat kebaya, sangat disarankan untuk menyesuaikan keinginan dan budget yang ada.

Terima Kasih Sudah Membaca 😀