+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Apa Itu Furing ? – Kain furing adalah bahan yang berguna sebagai pelapis dalam untuk pakaian agar mengurangi rasa panas pada bahan kain luar. Pelapis dalam adalah bahan yang sangat berpengaruh dalam suatu pakaian, karena jika tanpa furing maka pakaian anda akan terasa sangat panas dan terasa gatal dikulit. Jenis furing jaket saat ini memiliki berbagai macam bahan yang ada. Mulai dari bahan rayon, sutra, hingga satin.

jenis furing
sumber : tokopedia.com

Fungsi dan Manfaat Furing

Bukan hanya sebagai pelapis dalam saja, tetapi furing mempunyai banyak fungsi dan manfaat dalam industri pakaian. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari furing :

1. Mengurangi Rasa Panas Saat Digunakan

Kain furing bisa digunakan pada pakaian dengan bahan yang cenderung agak panas. Dengan menggunakan kain furing, anda dapat mengurangi ketidaknyamanan pada bahan tersebut. Misalnya saat menggunakan jaket, tentunya jaket dengan bahan tebal dan warna gelap bisa membuat badan menjadi panas atau gerah saat digunakan pada siang hari. Dengan furing anda dapat mengurangi rasa panas dan jaket anda akan terasa lebih adem saat dipakai keluar rumah.

2. Sebagai Pelapis Kain Agar Tidak Transparan

Bahan furing biasanya juga digunakan untuk pakaian dengan bahan tipis atau transparan, seperti kain sifon. Penggunaan jenis kain furing ini sering digunakan untuk berbagai jenis rok dan busana muslimah, gamis atau pakaian lainnya yang memiliki kesan transparan. Dengan menggunakan furing sebagai pelapis kain maka pakaian yang transparan tidak akan tembus pandang lagi.

Baca Juga :   Apa itu Bahan Fleece? Ini Penjelasannya!

3. Dapat Memberikan Kesan Rapi

Menggunakan bahan furing juga bisa membuat segala sesuatunya terlihat lebih rapi. Seperti digunakan di tas tangan atau koper. Dengan menggunakan kain yang halus dapat menutupi bekas jahitan di dalamnya.

4. Dapat Menyerap Keringat

Jika anda mempunyai bahan yang tidak begitu baik menyerap keringat, maka dapat diatasi dengan menggunakan kain furing yang memiliki daya serap keringat yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk menyerap keringat dan membuatnya lebih nyaman digunakan.

5. Furing Mampu Mengurangi Lekuk Tubuh

Furing ternyata juga bisa digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Seperti baju berbahan satin, umumnya bahan jenis ini menempel pada kulit. Jika menempel pada kulit, maka bisa membuat bentuk tubuh terlihat. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan kain furing sebagai bahan pelapis.

Jenis – Jenis Furing Jaket

1. Furing Dormeuil England

Jenis Jenis Furing Jaket
sumber : tokopedia.com

Jenis furing Dormeuil England merupakan salah satu jenis furing yang berkualitas tinggi, furing ini ditandai dengan adanya stamp tulisan merk pada permukaan kain yang tentunya membuat furing ini terlihat semakin mewah. Furing ini memiliki karakteristik yang ringan, mudah kering, permukaan kainnya halus dan adem saat dipakai. Sering digunakan untuk pelapis dalam pada jaket dan jas.

2. Furing Asahi

jenis kain furing asahi
sumber : id.carousell.com

Kain furing Asahi merupakan kain yang banyak digunakan sebagai bahan pelapis dalam pada pakaian. Kainnya terbuat dari 100% serat poliester, yang lembut dan adem saat dipakai. Selain itu, kain furing asahi murah dan ringan, cocok untuk pelapis dalam pada jaket.

Baca Juga :   Jenis Dan Bahan Jas Hujan Yang Sering Dipakai

3. Furing Kain Jala

Macam macam jenis furing
sumber : shopee.co.id

Jenis kain jala ini memiliki berbagai macam pilihan karena mempunyai karakteristik nyaman, tidak gatal dan mampu menyerap keringat. Walaupun bentuknya jala, namun kain ini bisa digunakan sebagai pelapis dalam jaket. Ciri khas dari kain jala ini adalah lubang – lubang pada kainnya.

4. Furing Kain Peles

Kain Furing
sumber : shopee.co.id

Furing kain peles atau bisa disebut juga kain abutai adalah jenis kain furing yang mempunyai manfaat yang serba guna. Peles adalah kain tipis yang terbuat dari polyester. Bahan ini mempunyai ciri-ciri tipis dan sangat ringan, dan biasanya digunakan untuk pakaian, bendera, dan sebagai pelapis bagian dalam tas, jaket anti air hingga jas almamater agar kulit tidak langsung bersentuhan dengan bahan kain.

Kesimpulan

Itu adalah jenis-jenis furing pada jaket yang bisa kalian pelajari agar dapat membuat jaket yang sesuai dengan furingnya juga dan kalau saya sarankan lebih baik memakai furing jika memang bahan dasarnya panas atau kasar supaya kulit ini tidak merasa panas dan gatal saat bersentuhan dengan bahan dasar tersebut. Jangan sampai tidak pakai furing, karena akan membuat jaket anda tidak sesuai yang diinginkan.

Untuk Pemesanan Kain Furing

Lunar Textile

Alamat : Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Telp/ WA : 089687288182
Email : lunartextileku@gmail.com
Website : www.lunartextile.com
Marketplace :

 

Untuk Pemesanan Jaket

Lunar Garment

Alamat : Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Telp/WA : 0895800860000
Instagram : lunargarment
Website : www.lunargarment.com

About the author