+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami

Cara Merawat dan Mencuci Jaket Parasut Waterproof. Mencuci atau merawat jaket parasut akan menjadi tugas yang tidak mudah bagi kita semua. Karena jaket parasut memiliki ciri kain yang tahan air. Akan ada cara-cara khusus untuk memperlakukan jaket parasut dengan baik dan benar.

Mencuci jaket parasut bisa menjadi pekerjaan yang sulit dilakukan karena jaket jenis ini memiliki bahan yang tahan air. Dengan begitu, kami akan rangkumkan cara mencuci dan merawat jaket parasut agar tidak mudah rusak.

Jadi apabila Anda punya jaket parasut, pakai cara ini agar jaket Anda akan awet dan tetap terlihat baru. Simak sampai habis artikel ini.

 

Cara Mencuci Jaket Parasut Yang Benar

Cara mencuci jaket parasut
sumber : agentathletica.com

 

Yang pertama akan membahas cara mencuci jaket bahan parasut. Dibedakan dengan dua cara, yaitu menggunakan tangan dan menggunakan mesin cuci.

Tapi alangkah baiknya cuci jaket parasut menggunakan tangan karena akan lebih awet. Untuk cara mencuci ini berlaku untuk semua merk jaket parasut ya, terutama jaket parasut eiger.

 

Baca Juga : Jasa Bikin Jaket Bomber Murah Bergaransi

 

1. Cara Mencuci Jaket Parasut dengan Tangan

Cara mencuci jaket parasut dengan tangan ini akan menjadi hal yang males karena ribet dan juga keluar banyak tenaga untuk mencucinya.

Namun hasil dari semua itu akan terbayar karena jaket parasut Anda tetap aman dan tidak rusak. Berikut panduan cara mencuci jaket parasut dengan menggunakan tangan:

  1. Pertama, isi ember dengan air dan campurkan dengan detergen.
  2. Tutup semua resleting atau kancing yang ada di jaket.
  3. Masukkan jaket parasut Anda pada campuran air dan detergen selama 5 menit. Hindari untuk merendam terlalu lama, karena akan merusak warna dan serat kain.
  4. Setelah sudah merendam selama 5 menit, kucek jaket parasut hingga bersih. Jika ada noda yang susah hilang, gunakan sikat gigi dan sikat secara perlahan.
  5. Kemudian bilas jaket parasut hingga bersih dari sabun dan kotoran yang menempel.
  6. Selesai membilas sampai bersih, Anda tidak perlu peras jaket parasutnya. Langsung gantung jaket pada hanger dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Karena jika terkena sinar akan membuat warna jaket menjadi pudar.
  7. Sesudah dijemur dan kering, segera angkat jaket dari jemuran.
  8. Lipat jaket parasut dan simpan di tempat yang tidak lembab agar jaket tidak jamuran.
Baca Juga :   Apa Bedanya Bahan Fleece dan Baby Terry? Ini Penjelasannya!

 

2. Cara Mencuci Jaket Parasut dengan Mesin Cuci

Panduan mencuci yang kedua dengan menggunakan mesin cuci. Buat Anda yang mencuci dengan mesin cuci, perlu Anda perhatikan ya jangan sampai jaket parasut Anda rusak karena tidak dirawat dengan baik.

Kami akan membagikan langkah-langkah mencuci jaket parasut menggunakan mesin cuci berikut ini:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kendurkan tali pada tudung jaket dan tutup resleting jaket.
  2. Selanjutnya rendam jaket sebentar dan kucek sebentar tanpa detergen untuk menghilangkan kotorannya.
  3. Setelah sudah merendam dan mengucek, masukkan jaket parasut kedalam mesin cuci.
  4. Berikan deterjen cair pada jaket parasut, usahakan menggunakan deterjen cair khusus untuk bahan waterproof agar mencucinya lebih maksimal.
  5. Kemudian pastikan Anda mencucinya menggunakan siklus pencucian handwash dan campurkan dengan air dingin.
  6. Selesai mencuci, bilas jaket sebanyak 2 kali dan keringkan selama 5 menit.
  7. Jika jaket sudah dikeringkan silahkan gantung menggunakan hanger ditempat yang sejuk dan terhindar panas matahari langsung, karena jaket parasut hanya perlu diangin-anginkan saja.

 

Baca Juga : 6 Cara Mencuci Jaket Waterproof yang Benar

 

Cara Merawat Jaket Parasut Yang Benar

Cara Merawat Jaket Parasut
sumber : thelaundress.com

 

Kami juga akan memberikan panduan cara merawat jaket parasut agar tidak kusut. Mulai dari tahap menyetrika jaket parasut, menyimpan jaket parasut yang benar, hingga perawatan yang perlu diperhatikan agar tetap awet. Selengkapnya Anda bisa simak dibawah ini.

 

1. Menyetrika Jaket Parasut

Pada saat menyetrika jaket, Anda perlu tahu bahwa sifat jaket parasut ini memang mudah kusut. Sehingga Anda perlu untuk menyetrikanya supaya lebih rapi dan tidak kusut.

Ketika menyetrika ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan. Karena jenis kain parasut tidak tahan panas. Dibawah ini adalah beberapa hal yang dilarang saat menyetrika jaket parasut:

  • Tidak disarankan menyetrika dengan suhu yang tinggi, karena akan membuat serat kain jaket parasut bisa rusak. Lebih baik menggunakan suhu yang rendah.
  • Hindari menggosok dari bagian luar jaket, karena bagian dalam itu lebih tahan panas daripada bagian luar.
  • Jika ingin menyetrika bagian luar jaket, gunakanlah kain tipis untuk melapisi pada saat ingin menyetrika jaket bagian luar.
  • Jangan menggosok jaket parasut terlalu lama, akibatnya kain jaket akan semakin terkikis oleh panas dan kain bakal robek atau rusak.
Baca Juga :   Vendor Baju Surabaya Terbaik Yang Ada di Indonesia

 

2. Menyimpan Jaket Parasut

Setelah mencuci dan menyetrika jaket parasut, pastinya Anda akan menyimpannya kembali didalam lemari. Cara menyimpan jaket parasut yang benar sangat penting diterapkan agar jaket Anda tetap awet.

Anda jangan khawatir kami akan membagikan tips untuk menyimpan jaket parasut. Inilah cara menyimpan jaket parasut yang benar:

  • Untuk menyimpan jaket parasut, pastikan jaket dalam keadaan kering. Jangan sampai menyimpan jaket masih dalam kondisi basah, setengah basah, ataupun sedikit basah. Karena akan terjadi jamuran pada jaket parasut Anda.
  • Jika Anda tidak ingin jaket parasut menjadi kusut, gunakan gantungan baju untuk menyimpan jaket parasut Anda secara digantung. Agar setelah disetrika, keadaan jaket parasut tetap rapi.
  • Bisa juga menyimpannya dengan cara dilipat dan simpan di dalam lemari yang tidak lembab supaya bebas jamur. Karena jamur akan membuat lemari dan jaket menimbulkan bau yang tidak sedap.

 

Baca Juga : Konveksi Jaket Surabaya

 

Kesimpulan

Jadi tadi adalah secara lengkap penjelasan dan langkah-langkah cara mencuci jaket parasut dan juga cara merawat jaket parasut dengan benar. Jangan sampai jaket parasut Anda yang mahal jadi tidak terawat karena kecuekkan Anda tidak merawat jaket dengan benar. Kalau kami simpulkan ada beberapa hal yang harus dihindari:

  • Janganlah terlalu lama merendam jaket dalam air yang mengandung deterjen karena akan merusak serat parasut
  • Pada proses penjemuran cepatlah angkat bila jaket sudah kering, karena bila menjemur terlalu lama akan membuat warna jaket cepat pudar.
  • untuk jaket parasut yang berbahan tipis hindari menyetrika jaket parasut secara langsung atau dengan suhu yang terlampau panas.
  • Jangan terlalu lama menyimpan jaket parasut yang telah dipakai karena akan mengundang jamur kain, bila jaket sudah terkena jamur maka nodanya akan sulit untuk dihilangkan.

 

Demikian dari kami mengucapkan terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga tips cara merawat dan membersihkan jaket parasut dapat membuat jaket parasut Anda tetap terjaga dengan baik.

 

Alamat : Jl. Karang Menur 1 no. 2 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : (031) 5017142
WA : 0895-8008-60000
Instagram : @lunargarment

 

 

 

About the author

Whatsapp Kami
error: Content is protected !!