+62 895 8008 60000 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Karang Menur 1 No. 2 Surabaya
Custom Design
Sesuai Desain Anda
Customer Services
Fast Respond
Harga Bersaing
Dengan Kualitas
Whatsapp Kami
Jenis sablon
sumber : bbpress.co.uk

 

Memilih jenis sablon terbaik yang awet dan tahan lama tentu bukan hal yang mudah. Apalagi jika dihadapkan dengan berbagai pilihan yang bisa membingungkan. Sablon menjadi hal yang krusial khususnya pada kaos, dapat memberikan ciri khas pada pemakainya dan dapat menunjukkan ekspresi diri pemakainya.

Tentunya karena kaos sablon yang selalu diminati ini bisa dijadikan sebagai ladang usaha bagi yang ingin memulai bisnis jual kaos distro, atau buka usaha sablon kaos. Mengetahui jenis sablon terbaik untuk kaos yang akan anda gunakan sangatlah penting bagi anda para penggemar dan pengguna kaos supaya tidak terlalu sering membeli kaos baru.

 

Rekomendasi Jenis Sablon Kaos Terbaik

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis kaos atau mungkin produsen kaos adalah dilihat dari kualitas sablon yang digunakan. Hal ini baik bahan kaos maupun tinta jenis sablon yang digunakan. Keduanya harus saling melengkapi, agar hasilnya sempurna dan kualitasnya tidak mengecewakan.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih jenis sablon terbaik, kali ini kami berikan 5 pilihan sablon yang bisa Anda gunakan pada kaos, agar awet dan tahan lama serta tidak mudah rusak atau retak. Berikut ini adalah jenis-jenis sablonnya :

 

1. Sablon Plastisol

Sablon Plastisol
sumber : masnid.com

 

Sablon plastisol adalah jenis sablon berbahan dasar tinta minyak atau PVC yang memberikan daya rekat paling kuat dibandingkan dengan jenis tinta sablon lainnya. Fakta ini membuat sablon plastisol sangat cocok untuk mencetak titik-titik kecil. Selain itu, sablon plastisol juga memiliki harga yang agak mahal dibandingkan dengan sablon yang lainnya. Perlu diketahui bahwa hasil sablon dengan sablon plastisol tidak dapat mengering pada suhu di bawah 160 derajat Celcius. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk mendukung proses pengeringan.

Baca Juga :   Vendor Jaket Bomber | Konveksi Surabaya Lunar Garment

 

2. Sablon Rubber

Sablon Rubber
sumber : abyadscreenprinting.com

 

Sablon rubber juga biasa dikenal sebagai sablon karet. Memang, jenis sablon ini memiliki sifat alami yang dapat melapisi serat kain dan menghasilkan regangan yang jauh lebih elastis seperti karet. Kepadatan tinta sablon rubber dinilai sangat cocok untuk sablon kain berwarna gelap. Penggunaan sablon jenis ini tidak hanya untuk bisnis utama sablon, tetapi juga dapat digunakan sebagai teknik dasar sablon sebelum sebuah kain menggunakan sablon jenis lain. Harap dicatat bahwa sablon rubber mempunyai tinta cenderung lebih tahan lama dan dapat disetrika serta sablon ini paling sering digunakan pada kaos.

 

3. Sablon Polyflex

Sablon Polyflex
sumber : worldwide.printgraphicmagz.com

 

Polyflex menggunakan bahan yang mirip dengan sticker vinyl dan memiliki hasil warna yang cerah dan detail, namun sayangnya tidak dapat mencetak warna gradasi dan juga tidak dapat disetrika secara langsung. Sablon ini memiliki harga yang murah daripada sablon yang lainnya. Kekurangan dari sablon polyflex ini adalah kurang awet atau tahan lama karena lama kelamaan sablon akan tidak merekat lagi pada kaosnya.

 

4. Sablon DTF

Sablon DTF
sumber : bukalapak.com

 

DTF(Direct Transfer Film) adalah teknik sablon untuk kaos yang menggunakan tinta khusus untuk mentransfer desain (gambar) menggunakan kertas film. Dalam industri sablon kaos, DTF disebut juga dengan sablon tepung karena proses transfer gambarnya menggunakan tepung atau lem bubuk sablon. Serbuk lem sablon iniuntuk menempelkan gambar pada bahan kaos dengan cara menekan atau press pada suhu tertentu. Secara umum, suhu yang disarankan untuk teknik sablon DTF itu sendiri adalah 16 derajat. Proses pengepresan pada kaos dilakukan selama 10 detik untuk mencapai hasil yang optimal.

Baca Juga :   Contoh Desain Konveksi Jaket Amdrill HMA AKutansi UNAIR

 

5. Sablon DTG

Sablon DTG
sumber : sablonsatuansurabaya.com

 

Terakhir, ada sablon DTG(Direct to Garment) yang merupakan jenis sablon paling populer saat ini. Tahapan sablon DTG dilakukan dengan menggunakan mesin digital sehingga hasilnya sangat jelas dan detail. Jenis sablon ini sangat umum digunakan pada tahap produksi massal kaos, seperti produksi kaos distro, kaos komunitas dan sejenisnya. Hasil sablon di kaos dijamin sangat memuaskan. Namun biaya untuk sablon kaos jenis terbaik ini cukup mahal karena tinta yang digunakan dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis tinta lainnya.

 

Tips Untuk Memilih Sablon Yang Bagus

Tentu saja beberapa jenis sablon di atas masih bisa menghasilkan kualitas yang kurang baik, karena keseluruhan proses sablon sangat bergantung pada kualitas tinta atau bahan sablon yang digunakan, serta kualitas dari kaosnya yang akan menjadi wadah untuk hasil sablon.

Tinta yang berkualitas buruk akan memberikan hasil yang kurang maksimal, dan memilih bahan kaos yang tidak sesuai dengan jenis tinta akan mengurangi daya tahan sablon, yang tentunya sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi. Perawatan dari kaos sablon sendiri sangat perlu diperhatikan untuk membuat sablon sendiri awet dan tidak cepat rusak.

Semoga daftar 5 rekomendasi sablon terbaik yang kami berikan kali ini dapat membantu Anda menambah informasi. Bisa juga digunakan saat proses pengambilan keputusan yang tepat agar Anda puas dengan hasil dan kualitasnya. Untuk kamu yang ingin buat kaos bisa langsung hubungi konveksi kaos sablon kami lewat WA : 0895800860000.

Terima kasih sudah membaca 😀

About the author