Karang Menur 1 No 2, Surabaya
0895-8008-60000

Macam-Macam Proses Sablon

Sehubungan dengan banyaknya pemesanan dari pelanggan kami dengan meggunakan jasa teknik sablon, terutama untuk partai dan distro berkualitas membuat banyaknya teknik sablon dikembangkan.

jangan salah walaupun teknik dan elektronik sekarang telah berkembang kita masihlah perlu mengetahui kualitas dan proses jenis sablon yang akan kita gunakan untuk pakaian pesanan kita bukan.

untuk penyablonan cara prosesnya berbeda-beda dan berbeda pula kualitasnya, dan dengan mesin tertentu pula. Ada harga mahal ada kualitas termasuk dengan mesin atau proses apa yang Anda pesan.

dan terkadang tidak hanya dari mesin saja ada juga proses khusus untuk jenis material tinta sablon yag berbeda.

Berikut Ratugaleri kami ulaskan beberapa jenis proses sablon untuk kaos :

  1. Sablon Manual (Screen Printing)
    Jenis sablon ini sesuai dengan namanya dilakukan secara manual, mulai dari pembuatan artdesign, screen dan proses penyablonan.
    teknik tinta dituang dalam screen kemudian dikuas maka cat akan meresap ke dalam serat kaos.- 95% kaos distro dan konveksi diproduksi dengan sablon manual karena lebih terang dan kualitas juga standar.
    – direkomendasikan untuk sablon dalam jumlah banyak
    – efek bermacam-macam
    – merupakan proses sablon peretama sebelum printing elektronik ditemukan.
  2. Digital Printing.
    Terdapat dua macam teknik sablon pada Digital Printing yaitu : Offset dan Transfer Paper.Offset biasanya dilakukan dengan memindah gambar dengan tinta sublime kedalam kertas atau stensil, lalu gambar yang telah menempel di kertas sublime tinggal di setrika atau di heat resist ke kaos polos.

    untuk Transfer paper gambar yang ada di computer akan di print langsung menggunakan kertas transferpaper dengan tinta sublime, lalu kertas yang telah ter print gambar akan di press dengan mesin heatpress ke kaos sablon.

    – biasanya digunakan untuk sablon satuan atau event
    – kualitas warna kurang bagus
    – jumlah terbatas sedangkan offset jumlahnya banyak.
    – harga murah
    – contoh untuk kaos partai

  3. Direct to Garment (DGT)
    Teknik DGT initermasuk dalam jenis teknik pengembangan sablon yang baru. Dilakukan dengan proses sablonnya langsung terjadi dari head printer ke kaos dengan tinta garment.proses yang cepat dan efektif karena tinta dan printer telah di modifikasi menjadi printer garment , sehingga kita bisa langsung menggunakan kaos/kain sebagai bantalannya.

    – di rekomendasikan untuk kaos yang menonjolkan realis atau raster
    – untuk sablon distro satuan
    – tidak dianjurkan untuk sablon dengan jumlah masal

  4. DTG industri
    Proses printing dalam jenis ini adalah dengan mem print langsung kedalam bahan kaos dalam bentuk gulungan.Mesin DGT berbentuk seperti printing banner yang jumbo dengan bahan tinta khusus garment dan kualitas industry.

    – dapat untuk penyablonan massal
    – baik di gunakan untuk industry yang tidak terlalu banyak mementingkan effect

Demikian ulasan kami, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda sekalian untuk proses sablon apa yang dibutuhkan untuk kaos pesanan Anda.
Ratugaleri menggunakan manual dan digital sablon, cara dan proses tentunya sangat hatihati dan yang terbaik untuk pesanan Anda, silakan untuk pertanyaan dan pemesanan bisa mengkontak kami.

Terimakasih, Semoga bermanfaat 🙂
Ratugaleri

Baca Juga :
Jaket FTIF ITS (Bordir Komputer)

Related Posts