Karang Menur 1 No 2, Surabaya
0895-8008-60000

Jenis Bahan Kain untuk Pembuatan Poloshirt

Poloshirt, atau pada saat booming lebih dikenal dengan nama wangky mulanya hanya digunakan sebagai kaos golf dan kaos tennis. Kaos polo adalah bentuk kaos modern yang dipadukan dengan kerah dan planket yang disematkan 2-3 kancing, serta tambahan satu saku sebagai variasi lainnya.

Golf diidentikan dengan pakaian rapih walaupun termasuk kategori olahraga yang seharusnya memakai kaos berbahan dryfit, namun tidak untuk pakaian satu ini memiliki keunggulan yang sama karena bahan kainnya yang juga mudah menyerap keringat dan nyaman  saat aktifitas.

Dikembangkan oleh Rene lacoste, merancang sebuah kaos putih berlengan pendek dari bahan kain rajut yang lentur (Jersey Pique) yang dinamakan Lacoste dari namanya sendiri.
Seiring perkembangan jaman, bahan kain lacoste yang identik digunakan untuk kaos polo atau kaos kerah semakin banyak jenis bahannya yang  memiliki harga relatif mahal jika dibandingkan dengan bahan kaos lainnya.

Bahan kain lacoste memiliki permukaan yang bolong-bolong kecil (rajutannya), biasanya dipadukan dengan bordiran dan bukan sablon.

Pada jaman modern seperti ini Poloshirt mulai booming dang tidak lagi digunakan untuk Golf saja, sebagai seragam dan bahkan fashion distro saat ini mulai menaruh kreatifitas development pada poloshirt.

Kain Lacoste terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Lacoste PE
  2. Lacoste Pique, CVC, COTTON
  3. Lacoste TC

 

Berikut kami ulaskan keterangan dari masing masing bahan :

 

  1. Lacoste PE
    Bahan PE, biasanya digunakan sebagai solusi untuk kebutuhan kaos dengan budget yang minim dan relatif lebih murah dibandingkan kain poloshirt lainnya, tetapi bahan kaos ini tidak terlalu tipis (masih standar). Bahan ini memang tidak seperti Lacoste TC yang masih ada bahan katunnya.
    Bahan PE dibagi menjadi dua, bahan PE Single dan PE Double (ketebalannya setara TC)

    Bahan ini terbuat dari serat plastik Polyester.
    Biasanya diaplikasikan untuk : kaos partai, kaos promosi, kaos pilkada, kaos family gathering, kaos souvenir,dll.

  2. Lacoste Pique, CVC, COTTON
    Bahan ini merupakan bahan yang paling bagus dan terbaik jika digunakan untuk kaos,
    100% katun murni dan tanpa campuran bahan lain. Maka itu hargapun relatif lebih mahal. Dikarenakan postur bahan sangat halus dan lembut karena seratnya dan sangat menyerap keringat.

    Untuk bahan cotton dibagi menjadi 2 macam :
    – Cotton combed (lebih halus permukaannya)
    – Cotton Carded (Lebih kasar permukaanya jika dibanding combed)

    namun kelemahan bahan ini serat cottonnya yang sangat menyerap air mengakibatkan penyusutan bagi bahan lacoste cotton.
    Namun untuk bahan Lacoste Pique dan CVC merupakan rekomendasi yang lebih baik dibandingkan bahan lacoste PE ataupun Cotton.

    Biasanya diaplikasikan untuk kaos distro, promosi, event, komunitas dan seragam semi cassual.

  3. Lacoste TC
    Bahan teteron atau biasa di sebut TC, merupakan bahan standar yang memiliki tingkatan dibawah katun atau ditengah. Jenis ini juga termasuk katun namun tidak 100% cotton. Termasuk bahan kain yang lebih tebal dan kuat seratrnya.

    Biasanya diaplikasikan untuk seragam kerja dan kaos event.

Demikian Ulasan yang kami berikan beserta rekomendasinmya, semoga dapat membantu Anda untuk memilih bahan poloshirt yang akan dibuat.
salam ^^

Good Regards
By:Ratugaleri

Baca Juga :
Hasil Produksi Dan Desain Jaket Hightwist Universitas Mulawarman

Related Posts